Netral English Netral Mandarin
banner paskah
17:29wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Sosok Calon Kapolri Ideal Menurut Ketua Komisi III

Selasa, 12-January-2021 19:40

Herman Hery, Ketua Komisi III DPR.
Foto : dpr.go.id
Herman Hery, Ketua Komisi III DPR.
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Calon Kapolri ideal harus memilki kriteria khusus, yaitu bisa menyatukan internal Polri. Hal itu disampaikan Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery soal harapan terhadap calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia pengganti Jenderal Idham Azis yang akan masuk masa pensiun pada akhir Januari 2021.

"Sosok ke depan yang kami harapkan, sosok yang bisa menyatukan Polri. Menyatukan internal Polri, untuk menyatukan internal Polri, tentu mudah-mudahan senior-junior bisa disatukan. Kami berharap, ke depan, figur Kapolri betul-betul menjadi seorang pemimpin yang negarawan, bisa membawa institusi ini promoter (profesional, modern, terpercaya) yang sebenarnya," kata Hery di Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Kendati menyebutkan kriteria calon Kapolri yang ideal, Hery menolak menyebutkan siapa nama calon Kapolri yang ideal menurutnya.

Sebab, nama-nama Jenderal Bintang Tiga yang diketahui publik saat ini punya kelebihan masing-masing.

"Saya tidak etis menyebut, semua kami kenal, karena saya sudah 16 tahun di Komisi III. Menurut saya, semua yang diajukan punya kelebihan-kelebihan kok," kata Hery, seperti dilansir Antara.

Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiun pada akhir Januari 2021. Adapun, lima calon Kapolri yang telah diserahkan kepada Presiden Jokowi, di antaranya Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafly Amar, Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kalemdiklat Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto, dan Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP