Netral English Netral Mandarin
banner paskah
19:33wib
Seorang anggota TNI AD berinisial DB luka-luka dan anggota kepolisian berinisial YSB tewas setelah diduga menjadi korban pengeroyokan oleh orang tak dikenal. Sebuah survei yang diinisiasi Lembaga Survei Indonesia (LSI) menemukan mayoritas pegawai negeri sipil (PNS) menilai tingkat korupsi di Indonesia meningkat.
BI: Cabai Rawit, Tahu dan Tempe Penyumbang Utama Inflasi Januari 

Sabtu, 30-January-2021 13:05

Ilustrasi cabai rawit merah.
Foto : bukalapak
Ilustrasi cabai rawit merah.
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu IV Januari 2021, perkembangan harga pada bulan Januari 2021 diperkirakan inflasi sebesar 0,34% (mtm).  

"Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Januari 2021 secara tahun kalender sebesar 0,34% (ytd), dan secara tahunan sebesar 1,64% (yoy)," kata Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, Sabtu (30/1/2021).

Ia membeberkan, penyumbang utama inflasi yaitu cabai rawit sebesar 0,10% (mtnm), tempe dan tahu masing-masing sebesar 0,03% (mtm), tarif angkutan antarkota sebesar 0,02% (mtm), kangkung, bayam, daging sapi, daging ayam ras, kacang panjang, cabai merah, ikan kembung, emas perhiasan, nasi dengan lauk dan tarif angkutan udara masing-masing sebesar 0,01% (mtm). 

"Sementara itu, komoditas yang menyumbang deflasi pada periode laporan berasal dari komoditas telur ayam ras sebesar -0,06% (mtm) dan bawang merah sebesar -0,02% (mtm)," ujarnya.

Ia menambahkan, Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu, serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan. 

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP