Netral English Netral Mandarin
banner paskah
14:54wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Bukan PSBB, Satgas Penanganan COVID-19 Berlakukan PPKM di Jawa-Bali

Kamis, 07-January-2021 16:15

Doni Monardo Ketua Satgas Penanganan Covid-19.
Foto : Istimewa
Doni Monardo Ketua Satgas Penanganan Covid-19.
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti yang diberitakan sebelumnya, Satgas Penanganan COVID-19 ternyata memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

PPKM akan diberlakukan di sejumlah wilayah di Pulau Jawa dan Bali mulai 11-25 Januari 2021 mendatang untuk menekan angka kasus COVID-19.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengaku optimistis bahwa hal itu dapat terwujud. Dia berkaca dari momentum pembatasan yang dilakukan pada pertengahan September hingga November tahun lalu. Saat itu dapat menurunkan kasus aktif dari 67 ribu menjadi 54 ribu atau turun hingga kurang lebih 20 persen. 

Dia juga berharap pada periode ini, prosentase penurunan angka kasus dapat lebih besar lagi.

"Artinya pengalaman yang lalu ini sekarang kita ulangi kembali lewat pembatasan dan kita harapkan prosentasenya bisa lebih besar dibandingkan pada periode September dan November awal. Pada saat itu terjadi penurunan sekitar 20 persen," ujar Doni di Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Menurutnya, langkah yang diambil Pemerintah terkait PPKM tersebut sekaligus merupakan momentum yang baik dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Itu sebagaimana yang menjadi arahan dari Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Airlangga Hartarto. 

Tentunya hal itu hanya dapat dilakukan dengan cara-cara yang efektif dalam meningkatkan kedisiplinan

"Diperlukan sebuah cara yang efektif dalam upaya meningkatkan disiplin masyarakat. Kita tidak berharap bahwa pada periode ini kita kehilangan momentum. Bulan Januari ini adalah momentum terbaik bagi perkembangan di bidang ekonomi kita," ujar Doni.

Lebih lanjut, cara yang dapat diambil dalam rangka meningkatkan kedisiplinan masyarakat menurut Doni adalah dengan memanfaatkan seluruh jaringan pemerintah sampai ke tingkat yang paling rendah, yaitu desa/kelurahan.

Satgas Penanganan COVID-19 telah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri terkait upaya yang segera dan harus di lakukan di seluruh lapisan pemerintah daerah, dengan mengaktifkan kembali posko COVID-19.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP