Netral English Netral Mandarin
banner paskah
01:17wib
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menggunakan 17 titik periksa yang sebelumnya disiapkan untuk pengamanan mudik sebagai pos pemeriksaan Surat Izin Keluar-Masuk. Dua hari ke depan diperkirakan akan terjadi lonjakan masyarakat yang nekat mudik Idulfitri 2021.
Buka Puasa dengan Buah Semangka, Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Rabu, 21-April-2021 17:00

Buah semangka mengandung 92 persen air.
Foto : 1freewallpapers.com
Buah semangka mengandung 92 persen air.
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Berbuka puasa dengan buah-buahan segar bisa jadi salah satu pilihan yang baik, dibanding sering konsumsi makanan berminyak seperti gorengan ataupun sering konsumsi takjil yang tinggi akan gula. 

Salah satu buah yang bisa menjadi salah satu pilihannya adalah Buah Semangka. Buah berbentuk bulat, berkulit hijau dan berdaging merah ini ternyata memiliki segudang manfaat. 

Berikut lima manfaat Buah Semangka bagi kesehatan, dilansir dari laman healthline, Rabu (21/4/2021):

Membantu Hidrasi Tubuh

Baca Juga :

Minum air adalah cara penting untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Namun, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi juga bisa membantu Anda tetap terhidrasi. Misalnya saja seperti makan Buah Semangka. Menariknya, semangka mengandung 92 persen air.

Kandungan air yang tinggi adalah salah satu alasan mengapa buah dan sayuran membantu Anda merasa kenyang. Kombinasi air dan serat berarti Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak tanpa banyak kalori.

Mengandung Nutrisi dan Senyawa Bermanfaat 

Semangka adalah salah satu buah dengan kalori rendah, yakni hanya 46 kalori per cangkir (154 gram). Satu cangkir (154 gram) Semangka juga memiliki banyak nutrisi lain, termasuk vitamin dan mineral berikut:

Vitamin C: 21 persen, Vitamin A: 18 persen, Kalium: 5 persen, Magnesium: 4 persen, Vitamin B1, B5 dan B6: 3 persen.

Semangka juga tinggi karotenoid, termasuk beta-karoten dan likopen. Plus, Semangka juga memiliki citrulline, asam amino penting.

Membantu Mencegah Kanker 

Para peneliti telah mempelajari likopen dan senyawa tanaman individu lainnya dalam Semangka untuk efek anti kankernya. 

Meskipun asupan likopen dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker, hasil penelitian beragam. Hubungan terkuat sejauh ini tampaknya antara likopen dan mampu membantu mencegah kanker yang menyerang sistem pencernaan.

Tampaknya mengurangi risiko kanker dengan menurunkan faktor pertumbuhan mirip insulin (IGF), protein yang terlibat dalam pembelahan sel. Tingkat IGF yang tinggi terkait dengan kanker. 

Selain itu, cucurbitacin E telah diteliti kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan tumor.

Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian tinggi di dunia. Faktor gaya hidup, termasuk pola makan, dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Beberapa nutrisi dalam Buah Semangka memiliki manfaat khusus untuk kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ini juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif pada kolesterol.

Menurut penelitian pada obesitas, wanita pascamenopause, dan pria Finlandia, likopen juga dapat mengurangi kekakuan dan ketebalan dinding arteri. Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat membantu pembuluh darah Anda berkembang, yang menurunkan tekanan darah.

Vitamin dan mineral lain dalam Semangka juga baik untuk jantung Anda. Ini termasuk vitamin A, B6, C, magnesium dan kalium.

Menurunkan Peradangan dan Stres Oksidatif 

Peradangan adalah pendorong utama banyak penyakit kronis. Semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif, karena kaya akan antioksidan anti-inflamasi lycopene dan vitamin.

Pada sebuah studi tahun 2015, tikus laboratorium diberi makan bubuk Semangka untuk melengkapi makanan yang tidak sehat. Dibandingkan dengan kelompok kontrol, mereka mengembangkan tingkat yang lebih rendah dari penanda inflamasi protein C-reaktif dan lebih sedikit stres oksidatif. 

Pada studi sebelumnya, manusia diberi jus tomat yang kaya likopen dengan tambahan vitamin C. Secara keseluruhan, penanda peradangan mereka menurun dan antioksidan meningkat. Kandungan tersebut juga yang ada pada Semangka.

Sebagai antioksidan, likopen juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Misalnya, ini dapat membantu menunda timbulnya dan perkembangan penyakit Alzheimer.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP