Netral English Netral Mandarin
17:16wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Usai Bandingkan Ahok-Anies Tangani Banjir, Budiman: Maaf Saya Bukan Ahli Banjir Jakarta tapi...

Minggu, 21-Februari-2021 10:51

Budiman Sujatmiko
Foto : Istimewa
Budiman Sujatmiko
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politikus PDIP, Budiman Sujatmiko mencuit seputar banjir yang landa Jakarta. Lucunya, ketika ia disebut sebagai tokoh ia menolak sekaligus menolak bukan ahli banjir.

"Maaf, saya bukan tokoh & saya bukan ahli menangani banjir Jakarta. Tp kalau solusi memberdayakan sosial ekonomi & teknologi informasi utk desa2, kota2 kecil atau menengah se Indonesia, saya masih bisa diajak diskusi," kata Budiman, Minggu (21/2/21). 

Ia menanggapi pernyataan akun Ariendraputra @Ariendraputra1 yang mengatakan: "Suka sedih bila hidup selalu membandingkan dan belum muncul solusi dari orang yg ditokohkan spt mas @budimandjatmiko."

Sedangkan pernyataan Budiman sebelumnya menyebutkan: "Ahok ("penista agama" & "kasar"): berapa titik banjir saat dia selesaikan jabatannya (sebelum kemudian ditahan)? Anies ("santun"): berapa titik banjirnya kini? Sebab begitulah mereka dibedakan saat warga DKI harus memilih pd 2017. Memang ngehek sih!"

Akun sumantri suwarno @mantriss juga sempat membalasnya: "Mari bekerja bersama untuk masa depan yang lebih baik. Klise - tapi nyatanya kita terus tenggelam."

Di sisi lain, soal banjir Jakarta rupanya telah menjadi sorotan dunia internasional.Media terkemuka Reuters menyatakan setidaknya banjir tahun ini berdampak kepada 10 juta penduduk ibukota, bahkan 1,380 warga jakarta di daerah selatan dan timur terpaksa di evakuasi.

Reuters juga menyoroti bahwa banjir ini terjadi ketika Indonesia sedang kewalahan berperang dengan pandemi covid 19, di mana Indonesia merupakan negara dengan angka kematian atau mortality rate tertinggi di asia dan lebih dari 1 juta kasus positif saat ini.

Dalam artikel berjudul "Indonesia Capital Slammed by Moonson flood, more than 1000 forced to evacuate", Reuters juga mengatakan masyarakat berbondong bondong mengunggah foto dan video banjir di sosial media mereka, dan di beberapa daerah tampak ketinggian banjir mencapai bahu dan banyak mobil yang hampir tenggelam sepenuhnya akibat banjir tersebut.

Media asing lainnya, Channel News Asia (CNA) juga menyoroti banjir yang kerap terjadi di ibukota setiap tahunnya. CNA mengutip pernyataan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati yang mengatakan "Wilayah Jakarta & sekitarnya masih berada dalam puncak musim hujan, yang di prediksi akan berlanjut hingga akhir bulan Februari atau awal Maret"

CNA juga menyoroti bahwa banjir ini terjadi setiap tahunnya dan di tengah wabah virus corona di Indonesia yang belum melandai. Adapun, dengan adanya banjir ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan bahwa prioritas Pemprov DKI dalam penanganan genangan ada dua, pertama adalah tidak adanya korban jiwa dan kedua genangan harus surut kurang dari 6 jam setelah turun hujan.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto