Netral English Netral Mandarin
banner paskah
14:03wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Berwarna Cerah dan Dijuluki Bunga ‘Tidak Sabar’, Ini Cara Merawat Tanaman Impatiens

Selasa, 16-Maret-2021 15:15

Bunga impatiens.
Foto : Pixabay
Bunga impatiens.
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM — Apakah Anda gemar bercocok tanam berbagai tanaman hias? Jika ya, Tanaman Impatiens bisa menjadi salah satu yang bisa Anda tanam di pekarangan. Tanaman impatiens adalah salah satu bunga tahunan paling populer, karena bunganya yang berwarna cerah dan kemampuannya untuk tumbuh di daerah yang teduh. 

Bunga impatiens sendiri mengambil nama dari bahasa Latin, impatiens, yang berarti "tidak sabar". Disebut demikian karena polong bijinya yang matang kadang-kadang akan pecah, bahkan dengan sedikit sentuhan (seolah-olah mereka tidak sabar untuk membuka).

Keunikannya, impatiens mudah tumbuh di tanah yang lembab. Jenis Impatiens New Guinea juga akan mentolerir lebih banyak sinar matahari daripada impatiens standar, seperti dilansir dari laman the spruce, Selasa (16/3/2021).

Perawatan Impatiens

Tanaman impatiens dapat tumbuh subur di tempat teduh. Faktanya, mereka adalah salah satu dari sedikit tanaman berbunga yang tersedia dan murah, yang akan menampilkan bunga yang bagus bahkan ketika ditanam di tempat teduh. Bentuk New Guinea jauh lebih toleran terhadap sinar matahari dan bahkan dapat berkembang di bawah sinar matahari.

Tanam juga bunga impatiens di tanah yang dikeringkan dengan baik. Perkaya juga tanah dengan berbagai bahan organik penyubur tanah. Tanah harus dikeringkan dengan baik agar tidak menjadi basah karena seringnya penyiraman.

Begitu berada di tanah, impatiens membutuhkan setidaknya dua hingga empat kali penyiraman setiap seminggu. Apabila ditanaman di dekat jendela atau pot gantung, impatiens mungkin perlu disiram setiap hari.

Bunga impatiens akan berbunga paling baik jika diberi pupuk secara teratur. Pupuk yang larut dalam air dapat digunakan setiap dua minggu sekali.

Jika tanaman impatiens mulai terlihat berkaki panjang, gunakan gunting untuk memotong sepertiga bagian atas vegetasinya. Ini akan mendorong munculnya bunga baru dan meningkatkan penampilan tanaman secara keseluruhan. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP