Netral English Netral Mandarin
04:27wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Berkunjung ke Colombo, Perhatikan Fakta-Fakta Berikut Ini

Rabu, 10-Maret-2021 13:20

Kota Colombo, Sri Lanka.
Foto : Netralnews/Sulha
Kota Colombo, Sri Lanka.
24

COLOMBO, NETRALNEWS.COM - Apa yang tersirat dalam pikiran Anda ketika mendengar kata Colombo? Kota yang kumuh? Kota indah, Ibu Kota yang penuh dengan beragam segala keramaian dan megapolitan?

Tunggu dulu! Colombo memang cantik, tapi untuk bisa disebut sebagai metropolitan rasanya masih belum benar. Ibu Kota Sri Lanka ini memiliki banyak tempat menarik. Bahkan satu hari pun Anda bisa mengelilingi kota yang pada 2019 lalu direndeng bom di beberapa tempat.

Meski masih suasana pandemi dan berkunjung ke Colombo belum merasa nyaman, tapi Anda bisa menjadikan kota Colombo sebagai tmasuk dalam list ujuan destinasi wisata mendatang.

Baca Juga :

Plesiran menggunakan tuktuk salah satu yang biasa dilakukan turis. (Dok:NNC/Sula)

Namun, sebelum Anda berkunjung ke Colombo, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Banyak tempat-tempat menarik di kota ini, namun, untuk belanja dan makan di sini, rasanya masih jauh lebih murah dibandingkan Kathmandu dan New Delhi.

Kuil Hindu di Colombo yang juga jadi objek wisata. (Dok:NNC/Sulha)

Kuil

Satu hari di Colombo ternyata bisa mendatangi banyak tempat Mulai dari mengunjungi beberapa kuil Hindu yang usianya sudah ratusan tahun seperti Sri Kailawasanathan Swani Devasthanam Kovil, Red Mosque (Masjid Jammi Ul Alfar), Gereja tua St Anthony yang dibom menjelang Paskah 2019, Museum, Old Parliament Building, Independence Square, dan masih banyak lagi.

Semua tempat wisata ini berada dalam satu area dekat dengan Terminal bus di Colombo. Jika waktu terbatas, wisatawan cukup menyewa tuktuk (bajaj).

Namun, Anda juga harus hati-hati saat deal harga dengan supir bajaj atau tuktuk. Marketing dan promosinya sangat pintar. Wisatawakan akan ditunjukan dengan banyak tempat wisata di Colombo. Tapi, begitu Anda jadi penumpangya, ternyata kawasan ini berada satu kompleks dan cukup dengan jalan kaki saja sebenarnya sudah bisa mengelilingi tempat-tempat wisata tersebut.

Red Mosque

Masjid Jami Red Mosque di Colombo. (Dok: NN/Sulha)Masjid Jami Red Mosque Colombo begitu besar dan indah. Bangunannya sepintas mirip dengan gereja di Moskow. Pascabom.maskid itu melarang perempuan masuk. Perempuan dan anak-anak diharuskan salat di rumah saja.

Salah satu sudut di kota Colo,bo. (Dok:NNC/Sulha)

Colombo kota terbesar di Sri Landa dan punya gedung-gedung tua yang cantik. Tapi harga barang dan beberapa jenis makanan di kota ini bikin kaget. Coklat yang di Indonesia hanya beberapa pulun ribu, di Colombo bisa lebih dari 100 ribuan rupiah.

Kopi di bandara lebih sadis lagi. Bayar pakai dolar tertulis US$8, pakai rupee Sri Lanka jadi sekitar Rp200 ribuan. Beberapa toko oleh-oleh besar di bandara hanya menerima dolar.

Jadi sebelum ke Colombo, sebaiknya tetap membawa mata uang dolar Amerika Serikat.

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani