Netral English Netral Mandarin
08:43wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Inilah Berkah Hari Raya Nyepi bagi Para Narapidana 

Senin, 15-Maret-2021 08:58

Petugas Kemenkumham Kepri saat memantau Rumah Tahanan Kelas IIA Batam.
Foto : Antara
Petugas Kemenkumham Kepri saat memantau Rumah Tahanan Kelas IIA Batam.
12

TANJUNG PINANG, NETRALNEWS.COM - Hari Raya Nyepi memberikan berkah bagi sejumlah narapidana. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepri memberi remisi khusus hari raya Nyepi kepada sepuluh narapidana di daerah tersebut.

Informasi diterima, Minggu, mereka yang menerima remisi itu terdiri dari lima narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Batam.

Kemudian, empat narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, serta satu narapidana di Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Batam.

Besaran remisi yang diterima bervariasi, mulai dari satu bulan, satu bulan 15 hari, hingga dua bulan.

"Tak ada narapidana terima remisi langsung bebas," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri melalui Kepala Divisi Permasyarakatan Teguh dinukil Antara, Ahad (14/3).

Teguh menyebut sepuluh orang narapidana mendapat remisi khusus pada hari raya Nyepi itu karena telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, di antaranya harus berkelakuan baik / tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), telah menjalani pidana minimal enam bulan dan tiga bulan bagi anak, serta aktif mengikuti program pembinaan di Lapas/Rutan.

Dia menjelaskan remisi khusus adalah remisi yang diberikan kepada narapidana dan anak pada saat hari raya keagamaan.

Pemberian remisi merupakan wujud negara hadir dengan memberikan penghargaan bagi narapida dan anak atas segala pencapaian positif bagi yang telah memenuhi syarat.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto