Netral English Netral Mandarin
banner paskah
19:30wib
Leicester City berhasil menyabet gelar juara Piala FA usai membungkam Chelsea 1-0 di Stadion Wembley, Sabtu (15/5). Gol tunggal kemenangan The Foxes dicetak oleh Youri Tielemans di menit ke-63. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menutup sementara Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan, pada 16-17 Mei 2021.
Benarkan Hujan Musuh Buat Cat Mobil? Ini Faktanya

Minggu, 18-April-2021 17:00

Ilustrasi mengecat mobil.
Foto : cashcarsbuyer.com
Ilustrasi mengecat mobil.
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Banyak orang menganggap jika salah satu 'musuh' dari cat kendaraan adalah air hujan. Tetapi, apakah benar demikian? 

Salah satu masalah yang paling jelas adalah kemungkinan munculnya tanda air (watermark) di cat pasca hujan. Sementara air akhirnya menguap, kotoran atau mineral yang berada di air hujan tertinggal di cat saat mobil mengering.

Karena itu, di musim penghujan seperti sekarang, pemilik mobil harus lebih ekstra menjaga kebersihan dan kondisi kendaraan agar tidak cepat rusak akibat guyuran air hujan. 

Mobil yang terkena hujan memang harus segera dibersihkan, pasalnya akan ada banyak kotoran yang menempel di bagian mobil jika tidak segera dicuci. Hal tersebut dapat menimbulkan jamur yang akan sulit dibersihkan jika tidak segera dicuci.

Baca Juga :

Melansir laman Mobil88, apabila saat mobil terkena hujan tidak segera dibersihkan, maka kotoran yang menempel pada bodi mobil akan masuk ke bagian clear coat yang nantinya dapat merusak lapisan cat mobil.

Solusinya adalah jika memang tidak sempat mencuci bersih mobil, maka sebaiknya bilas mobil dengan air bersih. Hal tersebut bertujuan agar kotoran yang menempel dari cipratan genangan air bisa langsung bersih dan rontok dari bodi mobil.

Selain merusak lapisan cat mobil, air hujan juga dapat membuat bodi mobil menjadi keropos. Dalam air hujan, terdapat kandungan garam yang dapat menyebabkan korosi pada bodi mobil. Oleh sebab itu, penting bagi pemilik mobil untuk membersihkan kendaraan setelah tekena hujan.

Kemudian mobil tidak segera dibersihkan saat terkena air hujan juga akan membuat kaca menjadi berjamur. Nantinya akan timbul bintik-bintik putih pada kaca yang akan sulit untuk dibersihkan. Solusinya adalah membawanya ke salon mobil untuk dibersihkan, tetapi cara ini juga tidak boleh terlalu sering dilakukan karena bisa merusak cat mobil.

Berdasarkan penjelasan diatas, memang benar air hujan dapat merusak lapisan cat mobil. Oleh sebab itu, penting bagi pemilik mobil untuk segera membilas dan membersihkan kendaraan setelah digunakan dalam cuaca hujan.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP