Netral English Netral Mandarin
banner paskah
02:15wib
Manchester City melewatkan kesempatan mengunci gelar juara Liga Inggris musim ini seusai menderita kekalahan dari Chelsea, Sabtu (8/5/2021) malam WIB. Potongan surat perihal penonaktifan 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) beredar.
Benarkah Bensin Bisa Basi Jika Tidak Dipakai Lama? Ini Faktanya

Rabu, 14-April-2021 22:40

Ilustrasi pengisian bahan bakar mobil.
Foto : Business Recorder
Ilustrasi pengisian bahan bakar mobil.
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Istilah bensin basi muncul untuk menggambarkan bensin yang lama mengendap akibat kendaraan yang yang tidak terpakai. Namun benarkan bensin bisa basi, ataukah hanya penyebutan orang awam saja?

Beberapa pakar menyebutkan, sebenarnya tidak ada bensin yang basi. Istilah bensin basi hanyalah penyebutan orang-orang awam saja. Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, basi yang dimaksud mungkin terkontaminasi dengan cairan lain. 

"Bukan cairan bensinnya yang berubah, namun karena ada campuran lain. Sehingga, bisa mengubah bensin secara kualitas," ujar Bambang, seperti dilansir dari kompas.com, Rabu (14/4/2021). 

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, mengatakan, bensin menjadi basi jika didiamkan di dalam tangki hingga lebih dari enam bulan. 

"Kurang lebih sama seperti pelumas, yang dianjurkan untuk diganti jika sudah mencapai 10.000 kilometer atau 6 bulan, tergantung mana yang dicapai lebih dulu," kata Yus. 

Yus menambahkan, 6 bulan bukan waktu yang pasti. Ada beberapa faktor lain yang dapat mempercepat bensin menjadi basi. 

"Semakin besar ruang kosong yang ada di dalam tangki, dapat memperbesar juga jumlah penguapan. Apalagi, jika mobil di parkir terus di tempat yang panas atau tidak teduh, tentu akan lebih cepat lagi," ujar Yus.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP