Netral English Netral Mandarin
banner paskah
14:31wib
Singapura akan melarang masuk orang yang dalam 14 hari belakangan memiliki riwayat perjalanan ke India, negara yang kini sedang dilanda gelombang kedua pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 memutuskan untuk memperpanjang masa larangan mudik Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.
Bela Mensos yang Kocar-kacir Tangani Bencana, DS: Yang Ga Manusiawi Kalau ada yang Lari Bawa Panci

Selasa, 19-January-2021 11:45

Denny Siregar, pegiat media sosial.
Foto : Twitter Denny Siregar
Denny Siregar, pegiat media sosial.
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pegiat media sosial (medsos) Denny Siregar menanggapi pemberitaan Menteri Sosial Risma yang dikabarkan Kocar-kacir saat meninjau korban gempa di Mamuju, Sulawesi Barat.

Menurutnya apa yang dilakukan Risma adalah hal yang wajar. Yang tidak wajar mereka yang lari bawa peralatan dari kantor lamanya. "Kalau bu Risma ada gempa trus lari selamatkan diri itu wajar dan sangat manusiawi. Yang gak manusiawi itu kalo ada yang lari sambil bawa panci, pompa dragon, ember dan barang2 printilan dr kantor lamanya. Itu namanya maling," kata Denny dalam akun Twitter pribadinya.

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan rombongannya pada Jumat (15/11/2021) lalu diberitakan kocar-kacir lari berhamburan ke luar ruangan saat meninjau korban gempa di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Pemberitaan atas Mensos Risma tersebut disorot oleh Pakar Telematika, Roy Suryo yang merasa kasihan.

Hanya saja, cuitannya disertai dengan emoji tertawa terpingkal-pingkal. "Dalam bahasa jawa, ini yang disebut 'ngono yo ngono, ning ojo ngono'. Meski (fakta) memang begitu, tetapi (mbok) tidak usah (sampai ditulis) begitu," tulis Roy Suryo lewat jejaring Twitter miliknya, Minggu (17/1/2021).

Roy Suryo menguraikan alasan dia merasa kasihan dengan Mensos Risma. Kata dia, mensos sudah bingung mencari angle pemotretan yang tepat untuk disebarluaskan, tetapi berita malah pakai sudut pandang lain.

"Kasihan lah dia, sudah bingung mau cari angle yang tepat buat jeprat-jepret dan tayang. Malah beritanya begitu. Ambyar," tukas Roy Suryo disertai emoji tertawa.

Pakar telematika itu menyoroti pemberitaan yang menyebut Presiden Jokowi sudah menginstruksikan Mensos Risma meninjau lokasi bencana.

Hanya saja, kata Roy Suryo menyangsikan kenapa belum ada foto-foto beredar. Padahal menurut dia, biasanya Mensos Risma langsung up to date.

"Sudah lebih dari 6 jam semenjak berita 'mensos diperintah presiden ke lokasi bencana' tadi, tapi kok belum ada update sama sekali? Tumben, biasanya langsung jeprat-jepret rekam tayang...," kata Roy Suryo, Jumat (15/1/2021). "Ayo, Indonesia dari Sabang sd Merauke lho, tik. Jangan kelamaan. Kalsel juga," sambungnya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP