Netral English Netral Mandarin
01:59wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Beginilah Etika Touring Jarak Jauh Menggunakan Kendaraan Bermotor

Senin, 05-April-2021 21:25

Ilustrasi konvoi kendaraan bermotor.
Foto : Mine News
Ilustrasi konvoi kendaraan bermotor.
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Konvoi merupakan kegiatan berkendara luar maupun dalam kota secara berkelompok. Namun, dalam touring berkelompok ada etika yang perlu diketahui saat di perjalanan agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Pada saat konvoi tidak ada alasan untuk mengedepankan ego, pribadi, arogan dan mengganggu pengguna jalan lain. Maka dari itu harus menjalani aturan yang berlaku serta hal-hal yang harus kita lakukan demi keselamatan diri serta anggota konvoi juga pengguna jalan lain.

Hal-hal yang harus di perhatikan dan di lakukan adalah. Pertama harus memperhatikan lampu hazard, kapan dan dalam kondisi apa lampu hazard di gunakan  ketika berkendara secara berkelompok, seperti yang tertera pada UU NO. 22 TAHUN 2009 serta norma safety yang berlaku bahwa lampu hazard hanya dilakukan pada saat situasi darurat dan kondisi berbahaya. “tidak boleh di pergunakan pada kesempatan lain, seperti konvoi atau bergerak lurus di perempatan jalan”.

Yang kedua sangat dilarang  untuk mengganggu pengguna jalan lain pada saat perjalanan, contoh nya seperti memotong jalan pengendara lain yang dapat merugikan diri maupun orang lain.

Serta kegiatan touring yang tidak didampingi pihak yang memiliki kewenangan diskresi, pengendara tidak diperboleh kan untuk menghalangi pengguna jalan lain nya, sewaktu terdapat lampu lalulintas dijalan pun  tidak diperbolehkan untuk menerobos dan wajib mengikuti rambu-rambu jalanan demi keselamatan bersama.

Setiap perjalanan touring berkelompok di anjurkan untuk membuat Group Riding Officer yang dimana berisi Road Captain, Safety Officer (Blocker, Mid Officer, dan Sweeper) yang dimana  memiliki tugas masing-masing untuk mengatur jalan nya konvoi.

Lalu selanjutnya dianjurkan untuk melakukan Pre- Konvoi meeting terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan yang dimana mengatur tugas-tugas setiap anggota kelompok dan memberikan arahan kepada anggota team agar selama perjalanan tidak misscom dan selamat sampai tempat tujuan.

Yang terakhir sebelum perjalanan lebih baik perhatikan kondisi tubuh wajib sehat dan bugar agar tetap fit pada saat perjalanan jauh sampai tempat tujuan.

Reporter : R Nebukadnezar S
Editor : Widita Fembrian