Netral English Netral Mandarin
banner paskah
09:32wib
Presiden Joko Widodo mengingatkan jajaran kepala daerah untuk berhati-hati menghadapi potensi pandemi Covid-19 gelombang kedua. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan pemerintah masih memiliki utang penugasan sebesar Rp1,27 triliun kepada perusahaan.
Begini Tips Aman Parkir Motor Pakai Standar Samping

Senin, 12-April-2021 21:30

Penggunaan standar samping untuk motor.
Foto : Istimewa
Penggunaan standar samping untuk motor.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Motor terjatuh saat parkir menggunakan standar samping merupakan momen yang menyebalkan. Pasalnya bisa membuat bodi motor lecet ataupun merusak komponen lainnya.

Biasanya masalah motor terselip ketika di parkir terjadi ketika permukaan lincin. Bisa juga masalah ini terjadi karena kealfaan seperti tak memastikan standar samping terpasang dengan benar. 

Biar kamu tak menghadapi kerepotan mengangkat body motor yang berat, dan pastiny terhindar dari rasa malu, mengutip Dream.co.id ada beberapa tips untuk membuat sepeda motor tetap aman saat di parkir.

Pertama, mengganti shock breaker. Kamu bisa menggantinya dengan shockbreaker yang lebih tinggi. Dengan begitu, standar samping akan menjadi lebih tegak.

Kedua, mengganti ban. Dengan tujuan yang sama seperti tips pertama, kamu sebaiknya mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar. Dengan begini, risiko motor terjatuh ketika diparkir dengan standar samping pun bisa berkurang.

Ketiga, memasang kickstand shoe. Selain itu, pasanglah kickstand shoe sebagai alas tambahan. Pemasangan alas tambahan ini berfungsi untuk mendistribusikan berat motor secara lebih menyebar.

Oleh karena itu, motor tetap aman meski ditopang standar samping. Soalnya, tapak standar samping menjadi lebih lebar sekaligus semakin kokoh untuk menopang berat motor.

Meski ada ‘resep’ aman untuk memarkirkan motor dengan standar samping, ada baiknya untuk memakai standar tengah. Mengapa?

Standar tengah ini lebih aman daripada standar samping. Suspense bagian kiri semakin berat jika memarkir kendaraan dengan standar kiri.

Dengan begitu, shock breaker akan cepat rusak. Belum lagi motor juga diduduki saat diparkir dengan standar samping.

Selain itu, kualitas ban akan turun jika keseringan menggunakan standar samping waktu motor diparkir. Soalnya, baik itu ban depan maupun ban belakang, akan condong ke satu sisi ketika menahan beban berlebih. Ban pun jadi cepat gundul. 

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian