Netral English Netral Mandarin
banner paskah
06:12wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Banyak Dialami saat Pandemi, Ini yang Perlu Anda Lakukan untuk Atasi Kesulitan Tidur 

Rabu, 17-Maret-2021 21:00

Ilustrasi orang tidur tengkurap.
Foto : freepik.com
Ilustrasi orang tidur tengkurap.
34

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Praktisi kesehatan tidur, dr Andreas Prasadja, RPSGT mengatakan, insomnia atau kesulitan tidur menjadi gangguan tidur yang paling banyak dihadapi selama pandemi.

“Tubuh manusia memiliki irama sirkadian yang membentuk ritme tubuh. Jika seseorang kurang tidur, maka stabilitas tubuhnya akan terganggu. Mulai dari kemampuan kognitif, daya tahan tubuh, kestabilan emosi hingga gangguan pada pencernaan dan metabolisme." jelasnya.

Dalam rangka menyambut Hari Tidur Sedunia pada 19 Maret 2021, Tokopedia bersama dr Andreas Prasadja, RPSGT membagikan tips untuk membantu masyarakat mendapatkan tidur berkualitas.

External Communications Senior Lead, Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengatakan bahwa Tokopedia ingin mempermudah masyarakat mendapatkan tidur berkualitas lewat beragam pilihan produk penunjang dari jutaan pegiat usaha khususnya UMKM lokal.”

Simak tips-tips berikut ini:

1. Tidur Sesuai Jadwal

Tidur sesuai jadwal adalah hal yang sangat penting, maka sebaiknya jangan gunakan waktu tidur untuk bekerja atau sebaliknya. Durasi tidur juga penting diperhatikan agar dapat menjaga kestabilan fungsi tubuh.

“Durasi tidur yang ideal adalah 7-9 jam sehari. Jika durasi ini terpenuhi, maka kebutuhan tidur pun tercukupi sehingga kinerja tubuh lebih optimal,” kata dr Andreas.

2. Ciptakan Kondisi Nyaman Suasana yang nyaman dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

“Demi mendukung tidur semakin berkualitas, pilihlah produk penunjang tidur yang sesuai dengan selera kenyamanan masing-masing,” ujarnya.

Sebagai informasi, penjualan produk bantal, guling dan selimut di Tokopedia meningkat hampir 2x lipat selama 2020 jika dibandingkan tahun sebelumnya. Produk kasur melonjak 2x lipat.

3. Atur Pencahayaan Kamar

Matikan lampu saat tidur karena tubuh kita perlu membedakan waktu siang dan malam. Kondisi gelap juga dapat mendukung produksi hormon melatonin yang membantu tubuh dapat beristirahat sepenuhnya sesuai irama tidur alami atau irama sirkadian.

4. Gunakan Pakaian Tidur

Piyama berbahan satin, flanel atau katun bisa menjadi pilihan untuk membuat tidur lebih nyaman. Untuk diketahui, transaksi baju tidur dan piyama di Tokopedia mengalami peningkatan lebih dari 2x lipat selama 2020 jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Ekhel mengatakan, masyarakat juga bisa mendapatkan berbagai pilihan baju tidur atau piyama dari para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal, manfaatkan diskon hingga 90 persen.

5. Pakai Minyak Aromaterapi Beberapa minyak aromaterapi yang bisa meningkatkan relaksasi dan membuat tidur lebih nyenyak, antara lain lavender, kayu cedar dan bergamot. 

Reporter :
Editor : Irawan HP