Netral English Netral Mandarin
banner paskah
01:07wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Bantah Meramal 2021 Ganti Presiden, Mbak You: Yang Saya Maksud Pergantian di 2024

Sabtu, 16-January-2021 09:00

 Paranormal Mbak You mengklarifikasi soal ramalannya.
Foto : Selebriti
Paranormal Mbak You mengklarifikasi soal ramalannya.
311

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Paranormal Mbak You mengklarifikasi soal ramalannya mengenai sejumlah peristiwa yang bakal terjadi di Indonesia pada tahun 2021, termasuk mengenai situasi politik tanah air.

Mbak You memberikan klarifikasi setelah sejumlah pihak mengecam dan meminta polisi menangkap dirinya gara-gara meramalkan situasi politik akan memanas di 2021 yang diwarnai konflik, penjarahan hingga kemungkinan adanya pergantian presiden.

Melalui video berjudul 'Penjelasan Mbak You Perihal Sejumlah Terawangnya di Tahun 2021' yang diunggah di kanal YouTube-nya, Mbak You menyebut bahwa ada pihak yang memotong penerawangannya dan dipelintir.

"Banyak terawangan yang dipotong dan dikembangbiakkan tanpa kontrol seperti bola panas menggelinding. Jadi ada beberapa akun yang seolah saya berbicara seperti itu. Bicara saya dipotong tanpa bahasa yang jelas dan dibuat berita sendiri seakan saya bicara seperti itu," kata Mbak You dikutip dari kanal YouTube-nya, Jumat (16/1/2021).

Soal penerawangan pergantian presiden, Mbak You membantah pemberitaan yang menyebut dirinya bicara akan ada pergantian presiden di tahun 2021. Menurut Mbak You, yang ia maksudkan adalah pergantian presiden di 2024, di mana pada tahun itu presiden sekarang yakni Joko Widodo (Jokowi) tak lagi menjabat alias diganti.

"Yang saya maksud di prescon 2020 itu bahwa di tahun mendatang pergantian presiden di 2024 itu akan ada pergantian presiden, bukan presiden sekarang. Bukan 2021, tapi di saat nanti pergantian presiden nanti di tahun 2024 akan ada ganti presiden. Bukan 2021 ganti presiden," ujarnya.

"Saya bilang di 2020 bahwa di 2021 akan ada politik memanas, ada resuffle kabinet, ada beberapa menteri diganti. Saya jelaskan juga di beberapa media bahwa itu bukan seperti itu maksudnya, pergantian presiden ya di tahun 2024 nanti, bukan di 2021. Cuma 2021 ya memang ada politik memanas dan ada perubahan resuffle kabinet," jelas Mbak You.

Karenanya, Mbak You berharap agar penerawangannya soal situasi politik tanah air yang publikasi pada November 2020 lalu itu tidak dipenggal hanya untuk mencari keuntungan sepihak dan menjatuhkan dirinya.

"Jadi saya minta tolong jangan dipenggal, jangan dipotong berita saya. Kalau mau wawancara datang aja ke rumah biar saya jelaskan tanpa harus memotong berita hanya untuk mencari followers tapi menjatuhkan saya," ucap dia.

Lebih jauh, Mbak You mengingatkan kepada semua pihak untuk menyikapi terawangannya secara positif. Di sisi lain, ia tak meminta ramalannya dipercaya atau dijadikan patokan.

"Sekali lagi saya ingatkan menyikapi terawangan saya dengan positif, dengan sebijak mungkin. Saya punya banyak kekurangan sebagai pekerjaan saya sebagai penerawang. Terawangan saya jangan dipercaya, terawangan saya jangan dipegang, terawangan saya jangan jadi patokan. Tapi cukup dimengerti, dipahami, dicerna dengan positif dan kembali ke atas," pungkasnya.

Sebelumnya, Mbak You pada November 2020 lalu meramal soal berbagai peristiwa yang akan terjadi di Indonesia pada tahun 2021, termasuk mengenai situasi politik.Mbak You menerawang politik tanah air akan memanas tahun ini, dimulai dari adanya penjarahan, konflik hingga kemungkinan terjadinya pergantian presiden. Ia mengklaim sudah ada tanda-tanda situasi politik memanas.

"Konflik dan kejahatan atau pun hal yang menyangkut penjarahan akan ada di 2021. Penjarahan besar, politik memanas dan ada bahasa-bahasa yang mungkin secara politiknya pergantian presiden," kata Mbak You seperti dikutip dari kanal YouTube Ganjil Misteri, Jumat (15/1/2021).

“Sudah mulai tanda-tandanya, mulai dari daerah ke atas sudah mulai memanas semuanya. Memang akan ada pergantian tapi dimulai dengan penjarahan dan keributan," jelasnya.

Ramalan Mbak You itu mendapat kecaman dari sejumlah pihak. Bahkan Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid meminta aparat menangkap Mbak You karena diduga menyebarkan kebencian dan mengadu domba masyarakat lewat ramalan yang dipublikasikan itu.

"Mau jadi dukun silahkan, jadi peramal apapun boleh aja, tapi kalau sampe bebas buat pernyataan dipublikasikan bahwa ‘Tahun 2021 Jokowi lengser, terjadi kerusuhan, penjarahan dan kekacauan’ Ini kebencian dan adu domba masyarakat," tulis Muannas di akun Twitter-nya, Jumat (15/1/2021).

"Tangkap dan mintai keterangan siapa yang ngajarin dan dibelakang MY ini?" cuit @muannas_alaidid.

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini menambahkan, pernyataan Mbak You lebih kepada propaganda dan menakut-nakuti masyarakat, bukan meramal.

"Ini niatnya bukan meramal tapi propaganda, pakai ngundang media berani sebut tahun ini presiden lengser didahului kerusuhan dan penjarahan, mau pansos (panjat sosial) silahkan, tapi jangan meresahkan masyarakat," tegas Muannas.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani