Netral English Netral Mandarin
banner paskah
11:29wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Antipasi Penyebaran Virus dengan Jaga Kualitas Udara dalam Mobil, Begini Caranya

Jumat, 19-Maret-2021 08:40

Ilustrasi sirkulasi udara dalam mobil.
Foto : Istimewa
Ilustrasi sirkulasi udara dalam mobil.
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Situasi selama beberapa bulan belakangan ini memang serba tidak pasti karena penyebaran virus yang sedang menjadi perhatian dunia.

Update yang menjelaskan kemungkinan virus bisa menyebar melalui udara juga sempat bikin masyarakat resah. Hal ini jadi membuat banyak orang lebih aware lagi dengan kebersihan diri dan lingkungan sekitar

Nggak hanya menerapkan protokol kesehatan seperti cuci tangan dan pakai masker saja, kebersihan udara yang dihirup juga harus menjadi perhatian utama.

Apalagi udara di dalam mobil pribadi, yang sering menemani beragam aktivitas di luar rumah. Kebersihan udara di kabin mobil yang terjaga tentu juga mendukung berkendara jadi lebih sehat. 

Yuk, saatnya perhatikan kualitas udara di dalam mobil, Perhatikan caranya seperti berikut ini:

Hindari Sering Membuka Jendela

Rules pertama yang perlu dilakukan untuk menjaga kualitas udara di dalam mobil adalah hindari terlalu sering membuka jendela, apalagi jika berkendara dalam kondisi macet. Hal ini bisa membuat kotoran dan polusi dari luar bisa masuk ke dalam mobil, nggak terkecuali bakteri dan virus penyebab penyakit. Untuk menjaga udara di dalam mobil tetap bersih, pastikan jendela selalu dalam kondisi tertutup saat berkendara.

Bersihkan Mobil Secara Teratur

Debu, polusi, bakteri dan virus bisa menempel di bagian dalam mobil, seperti dashboard hingga kursi. Hal inilah yang membuat kualitas udara di dalam mobil jadi kurang baik, karena kamu menghirup udara yang sudah tercemar. Selain itu, makanan atau minuman yang tumpah juga bisa menimbulkan bau tak sedap yang mengganggu saat berkendara. Ada baiknya membersihkan mobil secara rutin untuk menjaga udara di dalam mobil tetap bersih. Selain bisa menjaga kesegaran kabin, kamu juga bisa berkendara di udara yang bersih dan bebas penyakit.

Lakukan Perawatan Sistem Pendingin

Rutin melakukan servis sistem pendingin di dalam mobil juga perlu dilakukan untuk menjaga kualitas udara tetap bersih. Saat melakukan servis mobil, jangan lupa untuk melakukan penggantian filter AC agar sistem pendingin bisa bekerja dengan lebih prima, kualitas udara pun tetap terjaga.

Lengkapi Mobil dengan Car Air Purifier

Salah satu trik lainnya yang perlu dilakukan untuk menjaga kualitas udara di mobil tetap bersih adalah dengan memasang Car Air Purifier. Air car purifier bisa membantu menyaring bakteri dan virus yang ada di dalam mobil, sehingga udara yang dihirup saat berkendara pun lebih berkualitas. Selainitu, teknologi ini bekerja untuk menghilangkan bau makanan, asap, dan mencegah timbulnya bau tak sedap dari AC mobil. Udara pun jadi lebih bersih dan sehat selama berkendara, terlindung dari asap, debu, hingga virus dan jamur.

Reporter : Diaz Aditya Pratama Wardhana
Editor : Irawan HP