Netral English Netral Mandarin
banner paskah
19:48wib
Seorang anggota TNI AD berinisial DB luka-luka dan anggota kepolisian berinisial YSB tewas setelah diduga menjadi korban pengeroyokan oleh orang tak dikenal. Sebuah survei yang diinisiasi Lembaga Survei Indonesia (LSI) menemukan mayoritas pegawai negeri sipil (PNS) menilai tingkat korupsi di Indonesia meningkat.
Jokowi: Anda yang dari Yogyakarta ke Solo, Kini Punya Pilihan Transportasi Ramah Lingkungan

Senin, 01-Maret-2021 16:56

Jokowi saat meresmikan KRL Yogyakarta-Solo
Foto : Twitter/Joko Widodo
Jokowi saat meresmikan KRL Yogyakarta-Solo
13

SOLO, NETRALNEWS.COM - Presiden Jokowi meresmikan KRL Yogyakarta-Solo. Ia menyampaikan beberapa pesan penting.

"Anda yang dari Yogyakarta ke Solo atau sebaliknya, kini punya pilihan moda transportasi ramah lingkungan: KRL Lintas Yogyakarta-Solo," kata Jokowi melalui akun resminya, Senin (1/3/21).

"Rutenya dari Stasiun Tugu Yogyakarta sampai Stasiun Solo Balapan, melalui 11 stasiun pemberhentian, dengan panjang lintasan kurang lebih 60 km," imbuhnya.

Diberitakan pula, saat peremian kereta rel listrik (KRL) Yogyakarta-Solo tersebut, ia didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.Turut hadir dalam peresmian KRL tersebut Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, hari ini saya resmikan operasi kereta listrik lintas Yogyakarta-Solo," kata Jokowi disiarkan secara langsung melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (1/3/2021).

Jokowi menjelaskan KRL Jogja-solo adalah transportasi massal yang ramah lingkungan. Selain itu, kereta tersebut lebih cepat dibandingkan KA Prambanan Ekspres (Prameks).

"Terpaut kira-kira 10 menit lebih cepat. Kemudian dari sisi biaya operasi juga jauh lebih murah, 640 yang sebelumnya, sekarang 290. Ini sebuah efisiensi yang sangat bagus sekali," sebutan.

Mantan Walikota Solo itu juga memaparkan bahwa yang terpenting adalah kereta tersebut beroperasi menggunakan listrik sehingga lebih ramah lingkungan.

"Saya kira moda transportasi di negara kita ke depan harus semuanya mengarah kepada kereta transportasi massal yang ramah lingkungan. Juga kendaraan-kendaraan semuanya ke depan harus ramah lingkungan, yaitu listrik," jelas Jokowi.

Dia menambahkan, KRL Jogja-Solo diharapkan bisa membantu, baik mobilisasi orang maupun barang dari Jogja ke Solo dan Solo ke Jogja, serta bisa meningkatkan pariwisata dan perekonomian.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto