Netral English Netral Mandarin
banner paskah
15:17wib
Isu reshuffle kabinet kian mengemuka pasca rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pengembangan vaksin Merah Putih tetap berjalan dan tidak terpengaruh peleburan Kemenristek dengan Kemendikbud.
Anak Jalanan Sukses Jadi Bos Perusahaan Ternama, Netizen: Orang Hebat Dibentuk Melalui Tantangan dan Air Mata

Rabu, 03-Maret-2021 07:25

Kisah perjuangan Andika Ramadhan Febriansyah
Foto : Berita Heboh
Kisah perjuangan Andika Ramadhan Febriansyah
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kisah perjuangan Andika Ramadhan Febriansyah, yang dulu merupakan anak jalanan, kini sukses menjadi CEO sebuah perusahaan ternama, bernama Clorismen. Sebuah video yang diunggah di media sosial TikTok, viral hingga ditonton ratusan ribu orang.

Di akun FB Mak Lambe Turah, kisah tersebut mendapat perhatian banyak netizen. Andika menginspirasi sebab kesuksesan diraih memang melalui kesulitan dan air mata yag tak sedikit. 

"Tidak melulu berpol dan berita entertein. Mak juga suka ngeser berita yang menginspirasi kayak gini. Jadi buat sobat missqueen jangan PUTUS ASA," cuit MLT, Selasa malam (2/3/21).

"Orang hebat tidak dihasilkan dari kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan. Mereka dibentuk melalui kesulitan, tantangan, dan air mata.Usaha itu tidak akan menghianati hasil," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Andika mengunggah video seputar perjalanan hidupnya, dari anak jalanan, kini menjadi CEO, dalam akun TikToknya @andikaramadhanf.

Dalam media sosialnya, Andika mengatakan, masa SMA-nya tak sama seperti anak-anak lainnya. Di tahun 2009, ia belajar di sekolah master Depok. Sekolah yang dikenal karena dikhususkan untuk anak-anak jalanan dan kaum marjinal.

“Saya pernah sekolah di SMA gratis, khusus anak jalanan di Depok, karena tak mampu biaya,” tulis Andika.

Ia memperlihatkan foto semasa proses belajar mengajar di sekolah tersebut, tanpa fasilitas meja dan kursi. Andika juga memperlihatkan foto teman-teman sekolahnya, yang rata-rata merupakan pengamen dan pedagang terminal.

“Dibanding mendengar lonceng sekolah, saya lebih akrab mendengar suara knalpot dan klakson angkutan umum yang lalu lalang di sekitar sekolah. Maklum, sekolah saya ada di sekitar terminal, kawasan orang-orang jalanan,” tulisanya.

Sebelumnya, pada 2008, Andika sempat sekolah, di sekolah formal. Namun karena tak ada biaya, akhirnya Andika keluar dari sekolah tersebut, dan masuk ke sekolah master Depok.

Setelah itu, Andika berhasil mendapat beasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Negeri. “Dan ini saya dan para alumni sekolah ini yang mendapat beasiswa di kampus negeri setelah lulus sekolah,” jelasnya.

Sejak di jenjang pendidikan, Andika yakin bahwa pendidikannya mampu mengubah kehidupannya suatu saat nanti. “Dan saya sudah membuktikannya sekarang. Karena ilmu, pandangan saya terhadap dunia akhirnya terbuka,” jelasnya.

Kini pada 2021, Andika menjadi CEO di sebuah perusahaan bernama Clorismen. Dalam unggahan videonya, setelah sukses ia juga menyempatkan diri untuk mengunjungi sekolah master Depok, yang pernah berperan besar dalam mengubah kehidupannya.

“Kesuksesan bukan lahir dari kemudahan dan kenyamanan. Kesuksesan lahir karena kesulitan, tantangan dan air mata. Buat kalian yang sedang berjuang, semangat terus ya. Buktikan kepada dunia bahwa kalian bisa sukses di masa depan, sekalipun tak lahir dari keluarga kaya,” tulisnya seperti dilansir Kumparan.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto