Netral English Netral Mandarin
banner paskah
04:54wib
KontraS menyatakan selama 100 hari kepemimpinan Jenderal Listyo, kondisi penegakan hukum dan HAM yang dilakukan oleh kepolisian tak kunjung membaik. Pemerintah Nepal tengah kelabakan karena jumlah kasus infeksi virus corona di negara itu melonjak 57 kali lipat, akibat penyebaran virus jenis mutasi dari India.
Amankah Minum Kopi Saat Sahur? Begini Saran Dokter

Rabu, 14-April-2021 21:30

Minum kopi saat sahur dipastikan tidak akan menimbulkan masalah.
Foto : hdwallpaper
Minum kopi saat sahur dipastikan tidak akan menimbulkan masalah.
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Kopi atau teh menjadi minuman favorit bagi masyarakat Indonesia. Banyak yang tidak bisa melalui momen pagi hari atau sarapan tanpa minum kopi dan teh. Lalu, pada bulan Ramadhan ini, apakah kita tetap aman meminum kopi? Adakah efek buruknya untuk kesehatan tubuh jika meminum kopi pada saat sahur, terutama untuk daya tahan tubuh saat menahan lapar dan haus?

Menjawab hal itu, Dokter Spesialis Gizi Klinik, RS Pondok Indah-Pondok Indah, dr Tirta Prawita Sari MSc SpGK mengatakan, bagi Anda yang sudah terbiasa mengonsumsi kopi, tidak masalah untuk tetap mengonsumsinya selama berpuasa di bulan Ramadhan. 

"Mungkin dapat dikurangi saja jumlah (konsumsi) kopinya," kata dia. Apabila Anda terbiasa mengonsumsi kopi sebanyak 2 sendok teh, maka selama berpuasa di bulan Ramadhan ini, Anda dapat mengurangi konsumsi kopi menjadi 1 sendok teh saja. 

Hal ini perlu dilakukan karena terlalu banyak mengonsumsi kafein selama berpuasa, umumnya bisa berpengaruh terhadap berbagai kondisi sebagai berikut. 

1. Efek diuresis 

Tirta menjelaskan, efek pengaruh pertama yang bisa terjadi diakibatkan kebanyakan mengonsumsi kafein terutama kopi adalah efek diuresis. 

Efek diuresis adalah peningkatan produksi urin, sebagai efek samping konsumsi kafein. "Efek diuresis sangat mungkin terjadi, namun tentu tergantung juga dari jumlah kopi dan jenisnya," ujarnya dilansir dari kompas. 

2. Dehidrasi 

Seperti diketahui, di bulan Ramadhan, umat muslim yang menjalankan puasa tidak diperbolehkan untuk makan dan minum selama kurang lebih 11 jam, atau tepatnya dari sebelum terbit hingga terbenam matahari. Jika terlalu banyak konsumi kafein dalam kopi, dan terjadi efek diuresis, maka hal ini justru akan membuat Anda merasakan dehidrasi saat menjalankan puasa. 

Padahal, tanpa didorong efek dehidrasi dari konsumsi kopi, pada dasarnya manusia akan mudah dehidrasi saat kekurangan cairan tubuh apalagi kondisi berpuasa memang mengharuskan tidak mengonsumsi asupan cairan apapun. 

"Hati-hati, minum kopi saat sahur dapat berpotensi memberi efek diuresis dan menyebabkan dehidrasi," jelas Tirta. "Jika tidak perlu benar minum kopi, maka tidak perlu minum saat sahur," pungkasnya.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP