Netral English Netral Mandarin
banner paskah
04:04wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Alpukat Bikin Gemuk atau Langsing? Ini Faktanya

Kamis, 18-Februari-2021 12:30

SariBuah
Foto : Alpukat Bikin Gemuk atau Langsing? Ini Faktanya
SariBuah
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bagi sebagi masyarakat aplpukat mungkin jadi buah  favorit anda. Namun, seringkali takut untuk mengonsumsinya. Khawatir menjadi gemuk atau kolesterol tinggi.

Meskipun alpukat masuk dalam kategori buah-buahan, alpukat sebenarnya adalah sumber lemak nabati yang baik untuk dikonsumsi. Alpukat mengandung kalori yang padat.

Menurut para ahli gizi yang tergabung dalam The Academy of Nutrition and Dietetics di Amerika Serikat, kamu yang ingin menambah berat badan, perlu menambahkan sumber kalori padat setiap makan.

Namun, bukan berarti kamu boleh mengonsumsi sembarangan makanan yang kaya kalori, misalnya junk food. Sebaiknya, pilihlah sumber kalori dan lemak yang juga mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.Alpukat bisa jadi jawaban yang tepat.

Pasalnya, alpukat adalah sumber vitamin A, B-6, dan C. Selain itu, buah eksotis ini juga kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, dan zat besi.Tak perlu khawatir dengan kandungan lemak dalam alpukat. Karena jenis lemak dalam alpukat adalah lemak nabati tak jenuh tunggal. Jenis lemak ini disebut lemak baik karena sifatnya yang sangat mudah dibakar dan diubah menjadi energi.

Berbeda dengan lemak jenuh (saturated fat) yang cenderung mengendap dalam tubuh.Karena kandungan lemak baik dan kalori yang padat, mengonsumsi alpukat bisa membuat Anda kenyang lebih lama, Andapun mampu mengendalikan hasrat untuk mencari camilan atau makan dalam porsi banyak. Sehingga alpukat merupakan pilihan yang pas bagi Anda yang tengah diet.

Selama ini buah alpukat dikenal sebagai buah yang kaya manfaat karena mengandung lemak baik. Alpukat sering disebut sebagai salah satu jenis buah yang bermanfaat untuk diet.  Tetapi, anda mungkin juga pernah mendengar bahwa alpukat bisa bikin gemuk

Dilansir dari berbagi sumber termasuk lama, termasuk dari manfaat bua dan 99.co, inilah manfaat buah alpukat.

Alpukat untuk menambah berat bada

Menurut para ahli gizi yang tergabung dalam The Academy of Nutrition and Dietetics di Amerika Serikat, anda yang ingin menambah berat badan, perlu menambahkan sumber kalori padat setiap makan.

Namun, bukan berarti anda boleh mengonsumsi sembarangan makanan yang kaya kalori, misalnya junk food. Sebaiknya, pilihlah sumber kalori dan lemak yang juga mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.Alpukat bisa jadi jawaban yang tepat. Pasalnya, alpukat adalah sumber vitamin A, B-6, dan C. Selain itu, buah eksotis ini juga kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, dan zat besi.  

Alpukat untuk menurunkan berat badanLalu apakah benar alpukat bagus untuk diet?  Anda tak perlu khawatir dengan kandungan lemak dalam alpukat. Karena jenis lemak dalam alpukat adalah lemak nabati tak jenuh tunggal.

Jenis lemak ini disebut lemak baik karena sifatnya yang sangat mudah dibakar dan diubah menjadi energi. Berbeda dengan lemak jenuh (saturated fat) yang cenderung mengendap dalam tubuh.

Karena kandungan lemak baik dan kalori yang padat, mengonsumsi alpukat bisa membuat anda kenyang lebih lama. Anda pun mampu mengendalikan hasrat untuk mencari camilan atau makan dalam porsi banyak. Sehingga alpukat merupakan pilihan yang pas bagi anda yang tengah diet.Tergantung cara Anda mengkonsumsinya.

Alpukat adalah buah eksotis yang baik untuk mengendalikan berat badan.

Baik untuk menguruskan  atau menambah berat badan. Kuncinya terletak pada cara anda mengkonsumsinya. Kalau Anda ingin menambah angka timbangan, sebaiknya tambahkan alpukat dalam menu harian anda. Misalnya sebagai snack di sore hari. Anda juga bisa mengganti makanan tinggi kalori yang tidak sehat seperti gorengan dengan alpukat.

Di pagi hari, Anda bisa minum jus alpukat untuk menambah energi dan asupan gizi. Sementara kalau anda ingin menguruskan badan, jangan makan alpukat secara berlebihan. Pasalnya, makan alpukat tidak sekejap membuat anda kurus.Gantilah menu makan siang anda, dengan salad buah alpukat.

Anda juga bisa sarapan dengan yogurt dan irisan alpukat daripada makan bubur ayam atau nasi uduk. Untuk hasil maksimal imbangi dengan aktivitas fisik dan olahraga teratur.

 

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani