Netral English Netral Mandarin
banner paskah
20:28wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Alami Hipospadia, Atlet Voli Aprilia Manganang Ganti Status Jadi Laki-Laki

Selasa, 09-Maret-2021 22:25

Mantan atlet voli putri nasional Aprilia Manganang
Foto : Tempo.co
Mantan atlet voli putri nasional Aprilia Manganang
27

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan atlet voli putri nasional Aprilia Manganang memutuskan untuk ganti jenis kelamin dari perempuan ke laki-laki.

Aprilia yang kini berstatus sebagai prajurit TNI Angkatan Darat berpangkat Sersan Dua, mendapat fasilitas kesehatan untuk mengobati kelainan medis Hipospadia, yaitu cacat lahir pada anak laki-laki di mana pembukaan uretra (saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh) tidak terletak di ujung penis.  

Pernyataan pergantian kelamin sekaligus penyakit Hipospadia Aprilia ini diumumkan langsung oleh KSAD TNI AD Jendral Andika Perkasa, Selasa (9/3/2021).

"Hari ini saya ingin menyampaikan tentang salah satu prajurit TNI AD yaitu Serda Aprilia Santini Manganang.  Aprilia Manganang ini tidak seberuntung kita semua. Jadi saat dilahirkan anak ini memiliki kelainan pada sistem reproduksi nya. Dalam terminologi kesehatan disebut Hipospadias," ujar Andika kepada media.

"Dari hasil pemeriksaan di Manado dengan keterbatasan Rumah Sakit Angkatan Darat R.W. Monginsidi, akhirnya saya memutuskan untuk memanggil Aprilia ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih jauh lagi," katanya.

Setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan urologi, hasilnya sangat mengejutkan. Aprilia memiliki organ pria yang dan bahkan sama sekali tidak memiliki organ wanita. Lebih lanjut Andika menyatakan, hormon testoseron Aprilia justru masuk dalam kategori normal pria.

"Dari hasil pemeriksaan itu, ternyata bahwa dilihat dari pemeriksaan urologi (cek lagi) ternyata bahwa Sersan Manganang lebih memiliki organ-organ jenis kelamin laki-laki, bahkan tidak ada organ internal jenis kelamin wanita," lanjut Andika.

"Kemudian pemeriksaan hormonalnya pun begitu. Hormonalnya normal. Hormon testosteronnya juga diukur, sehingga secara faktual Sersan Manganang lebih memiliki hormonal yang masuk dalam kategori normal laki-laki. Pemeriksaan radiologi MRI juga menyatakan yang sama," katanya.

Aprilia sempat membela Timnas Bola Voli Indonesia untuk ajang SEA Games 2015 SIngapura. Saat itu, fisik Aprilia yang sangat kekar dan terlihat seperti seorang pria, membuat Timnas Bola Voli Filipina melayangkan protes kepada panitia.

Timnas Bola Voli Filipina menganggap bahwa Timnas Bola Voli Indonesia membawa seorang pria dalam timnya. Aprilia pun jadi sasaran cemooh fans Timnas Bola Voli Indonesia, mesipun ia sama sekali tak mempedulikannya.

Setelah direkrut oleh TNI Angkatan Darat pada 2016, Manganang pun masuk adalam Korps Wanita TNI Angkatan Darat dengan pangkat Sersan Dua (Serda) TNI

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Taat Ujianto