Netral English Netral Mandarin
14:26wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Akun Bomber Makassar Sebut Calon Mati Syahid dan Panji Daulah Islamiyah Bakal Berkibar di Istana Negara, Netizen: Tolong Pak Polisi...

Selasa, 30-Maret-2021 08:20

Akun Instagram milik abo.hld3209.
Foto : Berita Heboh
Akun Instagram milik abo.hld3209.
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Setelah ramai beredar foto terduga pelaku serangan terorisme bom bunuh diri di depan gerbang masuk Gereja Katedral Makassar, kini beredar akun media sosial milik terduga pelaku. https://www.instagram.com/abo.hld3209/

Jagat media sosial pun dihebohkan dengan akun Instagram milik abo.hld3209. Dalam keterangan foto profilnya, pria bernama Ibnu ini menulis "penegak khilafah, calon mati syahid, dan jihad fisabilillah".

"Profil teroris pelaku bom bunuh diri Gereja Katedral Makassar. Dia terpelajar tapi sayang karena kepintarannya dia menjadi jahil (bodoh)," tulis salah seorang warganet di Twitter Djayengrono_Putra @by_tukangrosok, seperti dikutip Senin (29/3/2021).

Cuitan ini mendapat banyak tanggapan dari netizen lainnya. Rata-rata, mereka mengecam dan memaki akun terduga pelaku bom bunuh diri itu. Ada juga yang mengunggah foto sebelum aksi bunuh diri itu.

Akun FB Mak Lambe Turah ikut memberikan komentar dan berharap Polisi mengusut tuntas serta siapa yang mengendalikan akun tersebut.

“Pak Jokowi sudah memerintahkan dengan jelas dan tegas. Jadi tolong pak Polisi ini yang di slide 2 diperiksa siapa yang mengendalikan akunnya. Kalau dilihat postingannya, semua sebelum kejadian memang. Tapi komentar yang terakhir lagi viral, itu komen sesudah kejadian. Sehingga jelas ada yang mengendalikan akun tsb,” tulis MLT, Selasa (30/3/21).

Sementara sebelumnya diberitakan, dalam foto yang beredar, terduga teroris bom bunuh diri naik motor berboncengan. Pengantin pria naik mengendarai motor berwarna orange, tidak menggunakan masker, dan memakai sorban. Dia terlihat membonceng wanita bercadar hitam.

Pria yang mengendarai motor itulah yang diduga pemilik akun Ibnu dan jenazahnya sebagian masih menempel di motor. Sedang wanita bercadar yang diboncengnya, hancur berserakan.

Yang mengherankan, meski disebut-sebut sebagai pemilik akun pelaku bomber di Gereja Katedral Makassar, akun ini masih aktif dan sempat mengunggah komentar  terkait ledakan bom tersebut.

"Alhamdulillah, puluhan pengikut kafir telah mati di tangan pejuang daulah yang telah mati syahid. Semoga Allah SWT membimbing mereka dalam melawan rezim thogut berbasis Pancasila dan pengikut kafir yang ada di Nusantara," paparnya. Kalimat itu ditutup dengan ancaman, bendera panji daulah Islamiyah akan ditancapkan di depan Istana Negara. "Nantikan saja. Insyaallah," tutupnya.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto