Netral English Netral Mandarin
banner paskah
03:52wib
Isu reshuffle kabinet kian mengemuka pasca rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pengembangan vaksin Merah Putih tetap berjalan dan tidak terpengaruh peleburan Kemenristek dengan Kemendikbud.
Ajak Masyarakat Ikut Vaksinasi Covid-19, FH: Ini Bentuk Ikhtiar Keluar dari Pandemi Covid

Minggu, 10-January-2021 20:40

Ferdinand sebut kunci sukses atasi pandemi bukan hanya vaksin.
Foto : Demokrasi
Ferdinand sebut kunci sukses atasi pandemi bukan hanya vaksin.
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politisi Ferdinand Hutahaean meminta masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19 agar bisa mengatasi Pandemi. Meski begitu, Ferdinand Juga meyakini bahwa kunci Sukses mengatasi Pandemi Tak hanya mengandalkan vaksin belaka, karena seperti anjuran pemerintah, pelaksanaan 3M yaitu mencuci tangan pakai sabun, memakai Masker, dan menjaga jarak tetap harus dilaksanakan.

"Vaksin Covid-19 ini salah satu ikhtiar utk keluar dr penyebaran covid. Kita pun tak merasa bahwa dgn Vaksin ini masalah selesai dan semua normal, tidak.!

Krn utk sukses vaksin pun kita sdg bekerja keras, dan kita yakin bahwa Tuhan suka kerja keras kita dan akan membantu kita." tulis Ferdinand di akun Twitternya Minggu (10/1/2021).

Sebelumnya, Pemerintah telah mengeluarkan road map program vaksinasi corona atau Covid-19. Priortitas utama dan pertama akan diberikan kepada 1,3 juta tenaga kesehatan (nakes).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Selasa (29/12/2020) menegaskan, keputusan ini sesuai dengan rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan SAGE yang ada di bawah Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Setelah nakes, pemberian vaksin dilanjut dengan pekerja sektor publik, baru setelah itu masyarakat umum. 

Adapun Tahapan pemberian vaksin kepada masyarakat adalah:

Gelombang I: Periode vaksinasi Januari-April 2021

1. Petugas Kesehatan: Vaksinasi dilakukan untuk 1,3 juta tenaga kesehatan tersebar di 34 provinsi. 

2. Petugas Publik: Vaksinasi dilakukan untuk petugas publik sebanyak 17,4 juta orang. 

3. Lansia: Vaksinasi dilakukan untuk lansia sebanyak 21,5 juta orang. Namun, bagi lansia usia 60 tahun ke atas akan divaksinasi setelah mendapatkan informasi keamanan vaksin untuk kelompok umur tersebut (misal tertuang EUA/data hasil uji klinis tahap 3). 

Gelombang II: Periode vaksinasi April 2021 - Maret 2022

1. Masyarakat rentan: Masyarakat di daerah dengan risiko penularan tinggi sebanyak 63,9 juta orang. 

2. Masyarakat lainnya: Dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin sebanyak 77,4 juta orang. 

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani