Netral English Netral Mandarin
01:44wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
8 Wisata Trawas yang Seru, Cocok untuk Berakhir Pekan

Senin, 01-Februari-2021 03:59

Candi Jolotundro di Trawas, Jawa Timur
Foto : Manusia Lembah
Candi Jolotundro di Trawas, Jawa Timur
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Waktu di akhir pekan memang paling cocok diisi dengan jalan−jalan, wisata, dan liburan singkat bersama keluarga. Salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi untuk berakhir pekan adalah wisata Trawas. Tapi, apakah Anda tahu apa itu Trawas?

Nah, Trawas merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Wilayah ini berada di kaki dan lereng pegunungan Arjuno−Welirang dan Penanggungan, dengan ketinggian rata−rata 700 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan suhu udara yang rata−rata mencapai 18−20 derajat Celcius.

Luar biasanya, daerah ini terkenal sebagai daerah wisata, baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Trawas bahkan dikenal sebagai tempat peristirahatan penduduk Surabaya, karena kesejukan dan keindahan alamnya.

Penasaran? Berikut ini delapan wisata Trawas yang bisa menjadi rekomendasi, destinasi wisata liburan Anda:

1. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung (tawas lagi)

Sesampainya di Jawa Timur, Anda bisa mencoba wisata Trawas yang bernama Air Terjun Dlundung. Lokasinya ada di Wisata Dlundung, Desa Hutan, Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Wisata Trawas yang satu ini buka setiap hari dari pukul 7.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Tiket masuk wisata Trawas yang satu ini amat terjangkau, jadi Anda tidak perlu khawatir kantong jebol karena membawa rombongan keluarga. Tiket masuk di weekday adalah Rp10 ribu untuk dewasa dan Rp7.500 untuk anak. Di akhir pekan, harga tiketnya adalah Rp12.500 untuk dewasa dan Rp10 ribu untuk anak. Murah bukan?

Wisata Trawas ini berlokasi di kawasan Gunung Penanggungan, maka tidak heran apabila udaranya terasa sangat sejuk. Jangan kaget juga bila kedatangan Anda dan keluarga disambut degan kabut yang menambah pesona keindahan air terjun yang dikelilingi hutan.

2. Candi Jolotundo

Candi Jolotundo (manusia lembah)

Setelah puas bermain air, Anda dan keluarga bisa mencoba datang ke wisata Trawas lain yang bernuansa wisata sejarah. Nama objek wisatanya adalah Candi Jolotundo, yang lokasinya ada di Area Hutan, Hutan, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.

Diketahui wisata Trawas yang satu ini merupakan bangunan petirtaan peninggalan Raja Udayana dari Bali, yang diperuntukan bagi putranya yang bernama Raja Airlangga, setelah dinobatkan sebagai Raja Sumedang Kahuripan.

Berbeda dibanding candi−candi dari biasanya yang ada di atas rumput dan permukaan kering, candi ini dikelilingi oleh pemandian yang berisi banyak ikan. Meski demikian, ada kolam yang bisa juga dijadikan untuk pemandian. Konon airnya bisa membuat awet muda dan cantik. Hmm, apakah Anda ingin membuktikannya?

3. Fresh Green

Fresh Green (aneka harga)

Coba juga datang ke wisata Trawas yang satu ini, namanya Fresh Garden yang lokasinya ada di Trawas, Buntal, Duyung, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Wisata ini cocok bagi Anda dan keluarga pecinta buah durian atau duren, sehingga tidak heran bila wisata Trawas ini juga disebut sebagai Mendem Duren.

Wisata Fresh Garden ini merupakan wisata Trawas yang memiliki luas lahan sekitar 50.000 meter persegi yang terdiri dari banyak sekali fasilitas. Di antaranya, area kuliner Kebuh Duren, area food court, play ground, spot foto, bahkan lokasi outbound hingga penginapan.

Wah, kalau fasilitasnya lengkap seperti itu, pasti harganya mahal ya? Eits, jangan salah, tiket masuk kawasan wisata Trawas yang satu ini gratis lho. Bayar−membayar akan dikenakan apabila Anda menggunakan fasilitas, misalnya flying fox seharga Rp25 ribu dan fasilitas masing−masing yang dikenakan biaya berbeda.

4. Puncak Watu Jengger

Wisata Trawas lain yang bisa Anda kunjungi adalah Puncak Watu Jengger, yang tingginya 1.100 mdpl. Puncaknya memang tidak terlalu tinggi, jadi cocok bagi Anda para pendaki pemula atau bagi Anda yang ingin sejenak melepas rasa kangen untuk naik gunung.

Tapi meski tidak terlalu tinggi, Anda jangan meremahkan wisata Trawas yang satu ini. Anda bisa merasakan sensasi berbeda di atas puncak, karena bisa melihat keindahan alam dan panorama yang begitu mengagumkan. Anda juga akan disapa dengan udara sejuk dan angin sepoi−sepoi yang merangkap tubuh.

Harga tiket masuk ke wisata Trawas yang satu ini juga sangat murah, yakni sebesar Rp10 ribu per orang. Setelah membayar tiket, Anda bisa langsung mendaki puncak yang bisa ditempuh hanya dalam waktu sekiar 1,5 sampai 2 jam saja.

5. Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Canggu (piknik today)

Wisata Trawas lain yang bisa Anda coba kunjungi adalah Air Terjun Coban Canggu, yang letaknya di lereng Gunung Welirang. Tidak heran apabila kawasan wisata Trawas yang satu ini suasananya amat sejuk, pepohonan hijau yang asri, dan memiliki pesona alam yang masih asri.

Memasuki kawasan wisata Trawas yang satu ini, Anda harus melewati sejumlah anak tangga. Anda juga harus bersiap−siap dengan jalanan berkelok, terjal, hingga menyusuri aliran sungai. Memasuki kawasan wisata Trawas yang satu ini, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp7.500 saja dan bisa langsung membasuh wajah dan berenang di air yang segar.

Istimewanya, di tempat ini Anda masih bisa melihat hewan monyet yang bergelantungan dari pohon yang satu dan ke pohon yang lain. Selain itu, di dekat wisata Trawas ini jug aterdapat sumber air yang diyakini warga berkhasiat untuk enteng jodoh. Percaya atau tidak? Ingin membuktikannya? Langsung saja datang ke Trawas.

6. Bumi Perkemahan Dlundung

Bumi Perkemahan Dlundung (brisik.id)

Bumi Perkemahan Dlundung berada di Kemiloko, Trawas, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Wisata Trawas yang satu ini buka setiap hari dari pukul delapan pagi sampai dengan pukul empat sore. Harga tiket masuknya juga murah, yakni Rp7.500 untuk anak saat weekday dan Rp10 ribu untuk weekend. Sedangkan untuk dewasa adalah Rp10 ribu untuk weekday dan Rp12.500 untuk weekend.

Wisata Trawas yang satu ini lokasinya ada di kawasan Gunung Penanggungan. Udara di wisata Trawas ini juga sudah dipastikan sangat sejuk, belum lagi bila kabut menyambut akan terasa dingin dan mempesona.

Apabila Anda yang ingin mandi di wisata Trawas ini juga diperbolehkan. Anda bisa menikmati air yang jatuh dari ketinggan sekitar 50−60 meter, dengan aliran air tidak begitu deras. Airnya juga jernih dan menyegarkan. Dijamin akan meluruhkan rasa lelah selama perjalanan dan menghilangkan kepenatan.

7. Duyung Trawas Hill

Duyung Trawas Hill (Travpacker Indonesia)

Wisata Trawas lain yang wajib Anda dan keluarga kunjungi adalah Duyung Trawas Hill. Lokasinya ada di Jalan Raya Duyung Trawas Hill, Buntal, Duyung, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Anda bisa datang ke wisata Trawas ini setiap hari pada pukul 8.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Catat, harga tiket wisata Trawas yang satu ini cukup beragam. Untuk tiket reguler, Anda hanya perlu membayar Rp20 ribu saja, apabila ingin mengambil paket outbound hemat one day bisa membayar Rp190 ribu, serta paket outbound standar one day adalah Rp240 ribu, serta paket outbound premium one day sebesar Rp290 ribu.

Wisata Trawas ini menawarkan pesona alam pengunungan Jawa Timur dengan menyediakan spot foto menarik. Selain itu ada beragam aktivitas yang dilakukan di wisata Trawas yang satu ini, didukung dengan fasilitas umum yang lengkap. Jadi tidak hanya untuk liburan, wisata Trawas ini juga bisa dijadikan sebagai lokasi gathering perusahaan.

8. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan (travelikyuk)

Bagi Anda yang suka dengan petualangan, bisa juga datang ke wisata Trawas yang satu ini, namanya adalah Gunung Penanggungan. Gunung ini merupakan gunung berapi kerucut dalam kondisi istirahat di Jawa Timur.

Meski tidak seterkenal gunung di Indonesia lainnya, tapi jangan salah sangka, gunung yang satu ini tentu memiliki pesonanya tersendiri. Wisata Trawas ini sepertinya wajib dijelajahi oleh Anda para pecinta alam yang hobi naik gunung untuk menguji medan dan membuktikan keindahan dari Puncak Pawitra.

Menuju puncak wisata Trawas yang satu ini Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan jalur. Ada jalur Tamiajeng, Jolotundo, dan Ngoro. Tetapi yang jadi jalur favorit adalah jalur Tamiajeng dan Jolotundo.

Sesampainya di puncak wisata Trawas ini, Anda akan disapa dengan keindahan deretan gunung. Di antaranya mulai dari gunung Welirang, Gunung Arjuno, Gunung Botak, hingga Gunung Semeru. Sedangkan di bawah, terlihat pemandangan hamparan sawah dan pepohonan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro