Netral English Netral Mandarin
banner paskah
15:49wib
Singapura akan melarang masuk orang yang dalam 14 hari belakangan memiliki riwayat perjalanan ke India, negara yang kini sedang dilanda gelombang kedua pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 memutuskan untuk memperpanjang masa larangan mudik Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.
7 Kuliner Khas Surabaya yang Harus Anda Coba

Rabu, 17-Februari-2021 02:00

Ikon Surabaya
Foto : Ayosurabaya
Ikon Surabaya
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tidak hanya dikenal sebagai salah satu kota wisata favorit, Surabaya juga surganya bagi pecinta kuliner. Ada banyak sekali pilihan makanan dengan citarasa variatif dan tetap otentik yang bisa Anda temukan di setiap sudut kota ini; mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran ternama.

Jika Anda berkunjung ke kota ini, jangan sampai melewatkan mencicipi 7 kuliner khas Surabaya yang legendaris dan juga ikonik berikut ini ya!

1. Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Sate yang disajikan di warung ini sangat spesial, yaitu daging sapi, ayam, udang, usus atau sumsum yang diiris tipis lalu dibaluri dengan kelapa parut lalu dibakar. Rasanya sangat spesial dan unik dan hati-hati, awas ketagihan!

Sate ini selalu ramai pembeli, jadi pastikan sisihkan waktu untuk berkunjung ke warung yang berada di Jl. Walikota Mustajab No. 36, Surabaya ini ya.

2. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Warung yang sudah berdiri dari tahun 1958 ini merupakan salah satu kuliner legendaris di Surabaya yang sayang sekali jika dilewatkan. Lontong balap ini terdiri dari lontong, tahu goreng, toge, lentho, kecap, bawang goreng dan sambal.

Terlihat sederhana, namun rasanya jangan ditanya. Apalagi lontong balap Pak Gendut ini dikenal memiliki cita rasa yang sama dengan saat pertama kali dibuka. Yakin tidak mau mencicipi sepiring lontong legendaris yang ada di Jl. Prof. Dr. Moestopo 11, Surabaya ini?

3. Sego Sambel

Bagi Anda pecinta kuliner pedas jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi sego sambel khas Surabaya yang rasanya nampol ini. Dari namanya saja sudah ketahuan jika menu ini menyajikan rasa pedas sambal yang dibuat dari berbagai bumbu pilihan.

Seporsi nasi sambel terdiri dari nasi disiram sambal lengkap dengan pilihan lauk yang bisa dipilih. Tiap warung memiliki lauk yang berbeda-beda, namun umumnya selalu ada tahu tempe goreng, ayam goreng suwir, telur goreng, ikan dan sebagainya.

4. Rujak Cingur Ahmad Jais

Surabaya identik sekali dengan rujak cingur dan Anda juga patut mencicipinya saat berkunjung ke Surabaya. Salah satu spot terbaik untuk menikmati kuliner ini adalah warung Ahmad Jais yang berada di Jl. Achmad Jais No. 40, Genteng, Surabaya.

Disini rujak cingur disajikan dengan  porsi yang besar dengan isian cingur, tempe yang diiris, tahu, buah-buahan dan bumbu khas ala rujak cingur Ahmad Jais.

5. Rawon Setan

Rawon merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang paling banyak dicari.  Meski bisa ditemukan di daerah lain, namun rawon di tempat asalnya tentu sayang untuk dilewatkan.

Salah satu menu rawon yang bisa Anda cicipi adalah Rawon Setan yang berada di Jl. Embong Malang No. 781, Genteng, Surabaya. Disini Anda bisa mendapatkan rawon dengan potongan daging besar, sayuran segar dan kuah rawon pekat yang melimpah. Tempat makan ini juga populer di kalangan artis dan juga pejabat lho! Hal ini bisa dilihat dari sederetan foto-foto artis dan gubernur yang pernah makan disini.

6. Pecel Semanggi

Jika berkunjung ke Taman Bungkul Surabaya, jangan melewatkan kesempatan mencicipi pecel semanggi yang ikonik ini.

Sesuai namanya, pecel ini menggunakan daun semanggi dan kecambah yang disiram bumbu pecel yang terbuat dari campuran kacang tanah, ketela rambat, petis dan gula merah. Uniknya, pecel ini disajikan di daun pisang yang dipincuk ditambah kerupuk uli sebagai sendok.

7. Es krim Zangrandi

Gerai es krim tertua di Indonesia ini juga tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Surabaya ya. Sudah berdiri sejak tahun 1930, disini Anda bisa menikmati berbagai menu dengan rasa otentik dan khas, seperti Macedonia, Tutti Frutti dan es krim dengan berbagai rasa lainnya, coklat, dan mocha.

Sudah tidak sabar untuk mengunjungi Surabaya dan mencicipi makanan khasnya? Jangan lupa beli tiket bus travel di Traveloka saja! Ada banyak pilihan operator yang tersedia dan proses pembelian tiketnya pun sangat mudah dan cepat. Sediakan waktu yang cukup jika Anda ingin wisata kuliner di Surabaya karena sayang sekali jika tidak mencicipi kuliner legendaris di atas.seperti

Reporter :
Editor : Tommy Satria