Netral English Netral Mandarin
banner paskah
01:43wib
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menggunakan 17 titik periksa yang sebelumnya disiapkan untuk pengamanan mudik sebagai pos pemeriksaan Surat Izin Keluar-Masuk. Dua hari ke depan diperkirakan akan terjadi lonjakan masyarakat yang nekat mudik Idulfitri 2021.
5 Takjil Manis Kekinian untuk Berbuka Puasa

Selasa, 13-April-2021 13:25

Ilustrasi menikmati kurma saat berbuka puasa.
Foto : medical-news.org
Ilustrasi menikmati kurma saat berbuka puasa.
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apa Anda sedang bingung, mau buka puasa dengan takjil apa di hari pertama puasa? Jika ya, tidak ada salahnya Anda menjatuhkan pilihan untuk makan berbagai takjil manis yang kekinian.

Konsumsi takjil kekinian bisa jadi alternatif berbuka di kala kolak mungkin sudah biasa, makan gorengan takut kolestrol, hingga minum es yang berisiko batuk. 

Berikut ini lima takjil manis kekinian yang bisa menjadi rekomendasi untuk berbuka puasa:

1. Silky pudding

Cobalah buka puasa dengan kudapan kekinian bernama silky pudding. Tidak hanya Anda, dijamin anak-anak dan lansia juga suka karena tekstrunya yang lembut. 

Silky pudding biasanya dijajakan diberbagai pusat perbelanjaan, apabila ada waktu luang, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Rasa dan warnanya juga beraneka, sehingga menarik dan tidak membosankan. 

Silky pudding yang manisnya pas juga siap meluncur ke tenggorokan Anda. Mengandung serat, tentu makanan ini juga baik bagi pencernaan Anda. 

2. Boba

Anda juga bisa coba hilangkan rasa dahaga seharian berpuasa dengan menenggak minuman dengan topping boba yang berbahan dari tepung tapioka. 

Topping boba biasanya cocok dicampur ke dalam berbagai minuman seperti susu dan teh yang dipadukan dengan gula aren cair. Boba juga bisa dicampur pada milkshake buah-buahan. 

Minuman yang manis, berpadu dengan boba yang kenyal akan menghilangkan rasa haus setelah seharian berpuasa. Mengunyah boba juga menjadi hiburan tersendiri dan bisa mengganjal rasa lapar saat salat maghrib, untuk kemudian makan makanan berat.

3. Kurma Isi

Makan buah kurma di Bulan Ramadhan memang sudah biasa. Bagaimana tidak? Buah yang satu ini memang mudah ditemui saat bulan puasa tiba. 

Harganya terjangkau, jumlahnya banyak, rasanya manis dan mengandung banyak khasiat. Tidak salah makanan kering ini jadi tambatan para penggemarnya. 

Tapi saat ini ada inovasi kurma isi, yang bisa jadi alternatif cara lain dalam konsumsi kurma. Seperti namanya, buah kurma dikeluarkan bijinya dan diberi berbagai isian seperti cokelat, krim keju, atau selai. Anda tertarik?

4. Mango Sago

Apakah Anda mencari takjil manis kekinian yang menyegarkan? Jika ya, mango sago bisa jadi jawabannya. 

Makanan yang satu ini terdiri dari beberapa lapisan. Di antaranya ada puree mangga, sagu mutiara dan potongan dadu dari buah mangga yang segar. 

Selain bahan utama tadi, bisa juga ditambahkan dengan krimer atau santan yang gurih. Ketika sudah disusun, jangan lupa masukkan makanan ini ke dalam kulkas dan nikmat disajikan dalam keadaan dingin untuk berbuka.

5. Smoothie Bowl

Makanan yang satu ini mungkin sudah familiar bagi sebagian orang, apalagi mereka yang sedang menjalani diet sehat dan tetap ingin ngemil. Ya, makanan ini tentu bisa dijadikan takjil kekinian yang sehat untuk berbuka puasa nanti. 

Seperti namanya, makanan yang satu ini penyajiannya biasanya pada mangkuk. Mangkuk diisi dengan smoothie yang berbahan utama dari berbagai buah-buahan beku yang diblender bersama yoghurt, sehingga makanan ini bertekstur sangat kental mendekati bentuk es krim. 

Di atas dari smoothie biasanya diberikan berbagai topping, seperti potongan buah-buahan segar, kacang-kacangan, cokelat ataupun sereal. Tambah menggugah selera, biasanya berbagai topping disusun cantik sedemikian rupa di atas smoothie.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP