Netral English Netral Mandarin
banner paskah
18:26wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
4 Tips Merawat Mobil Paling Penting yang Perlu Diketahui

Rabu, 10-Maret-2021 21:40

Seorang mekanik sedang melakukan servis rutin kendaraan.
Foto : Istimewa
Seorang mekanik sedang melakukan servis rutin kendaraan.
26

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Perawatan kendaraan rutin wajib dilakukan pemilik agar performa selalu terjaga. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut empat tips merawat mobil agar selalu berada di top level.

Mengganti Oli  Serta Tune Up Mesin Mobil Secara Berkala

Jika ingin mobil Anda awet dan tidak ada kendala saat di ajak beroperasi di jalanan langkah pertama adalah jangan pernah lupa untuk mengganti oli mobil secara berkala

Dengan rutin mengganti oli dari waktu yang sudah di tentukan secara berkala maka otomatis umur mesin dan perangkat mobil lain nya yang menggunakan oli akan lebih Panjang umur nya dan juga tidak lupa untuk melakukan tune up mesin mobil seperti mengganti busi ketika sudah waktunya di ganti, dan juga menggunakan karbu cleaner untuk ruang angina mesin mobil yang ada di airflow agar sirkulasi angina mobil lancar.

Mengecek Radiator Mobil Dan Isi Ketika Kurang Air

Melakukan kegiatan rutin mengecek air radiator sebelum jalan adalah hal yang wajib di lakukan karena kalau tidak ada pengecekan sebelum jalan di khawatirkan pada saat mobil berjalan, kadar air di dalam tabung radiator berkurang yang nantinya akan membuat mesin kurang pendingin dan berakhir over-heat karena pada dasar nya air radiator itu sendiri berfungsi mendinginkan putaran mesin pada saat beroperasi maka dari itu lebih baik sebelum jalan melakukan pengecekan dan juga pengisian ketika air sudah berkurang.

Memanaskan Mobil Sebelum Dipakai

Jika ingin performa mobil saat melintas di jalan maksimal dan membuat risiko rusaknya komponen mesin minimal, Anda wajib memanaskan mesin mobil sampai beberapa menit hingga logo di dashboard anda mati lalu baru berjalan. Lakukan metode ini setiap anda ingin menjalankan mobil, dengan begitu anda akan mengurangi risiko kerusakan komponen mesin mobil.

Mengisi BBM Sesuai dengan Octan Yang di ButuhKan Mobil

Komponen bahan bakar juga sama pentingnya untuk menjaga kebersihan mesin serta menjaga umur mesin agar lebih awet karena selain membuat peforma dan akselerasi mobil meningkat dengan mengisi bahan bakar mobil sesuai dengan standart octan yang di butuhkan oleh mesin mobil maka akan semakin panjang pula umur mesin mobil Anda, karena bahan bakar juga sifatnya merontokan kerak-kerak dari dalam mesin mobil anda serta dalam tanki bahan bakar anda, so jangan asal pilih bahan bakar kalau tidak ingin mobil anda cepat loyo.

Reporter : R. Nebukadnezar S
Editor : Widita Fembrian