Netral English Netral Mandarin
banner paskah
15:38wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
15 Wisata Ungaran Paling Populer, Cocok untuk Liburan bersama Keluarga dan Teman

Jumat, 05-Februari-2021 22:05

Curug Lawe Benowo
Foto : Travel Promo
Curug Lawe Benowo
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Berkunjung ke Jawa Tengah tidak ada salahnya untuk mampir ke wisata Ungaran. Ungaran sendiri merupakan ibu kota dari Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya terletak tepat di sebelah Selatan dari Kota Semarang dan memiliki beragam wisata, baik wisata alam, sejarah, atau edukasi.

Wilayah perkotaan Ungaran sendiri meliputi Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Sebagian wilayah kotanya juga merupakan daerah yang padat penduduk, yaitu di sekitar sepanjang jalan protokol Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Diponegoro, dan Jalan Ahmad Yani.

Apabila menelusuri berbagai wisata Ungaran ini, ada baiknya Anda mengajak sanak keluarga atau kerabat karena wisatanya yang seru, ramah anak, dan harganya terjangkau. Selain itu, pemandangan berbagai wisata Ungaran juga terbilang cukup indah dan memesona.

Berikut ini 15 wisata Ungaran yang paling populer, cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga ataupun teman. Wisata berikut juga bisa menjadi rekomendasi untuk perjalanan liburan apabila hanya memiliki waktu yang singkat.

1. Bukit Cinta

Bukit Cinta (msn)

Wisata Ungaran yang bisa Anda kunjungi salah satunya adalah Bukit Cinta. Wah unik bukan namanya? Mungkin siapapun yang datang ke sini akan dipenuhi rasa cinta ya? Bila penasaran, Anda bisa langsung datang ke wisata Ungaran yang satu ini setiap hari.

Wisata Ungaran ini buka dari Senin sampai Minggu, pukul 8.00 sampai dengan 18.00 WIB. Tapi Anda perlu catat harga tiketnya, pasalnya di Senin hingga Jumat, biaya tiket masuk yang dikenakan adalah Rp6.000, sedangkan di akhir pekan, yakni pada Sabtu dan Minggu, harga tiketnya sebesar Rp7.500.

Di kawasan wisata Ungaran yang satu ini ada banyak sekali spot-spot foto yang keren dan memanjakan para fotografer dan mereka yang hobi berfoto. Anda juga bisa sekadar menikmati udara segar dan pemandangan alam yang indah.

Tidak hanya itu, wisata Ungaran ini juga menawarkan pemandangan Rawa Pening dari GoRong View atau dapat juga dinikmati dari Desa Sumurup, tepatnya di tengah jalur kereta api yang dekat dengan tambak.

Ada juga nih spot yang paling favorit menikmati pemandangan hamparan bukti yang hijau. Lokasi yang ada di ketinggian, Anda juga tetap harus waspada dan menjaga diri ya saat berada di atas bukit. Sehingga, apabila sedang asyik berfoto janganlah lantas lupa diri. Bawa juga bekal minuman untuk melepas dahaga saat berada di tengah perjalanan, sedangkan bila membawa camilan, jangan lupa membawa sampahnya kembali ke bawah bukit dan membuang pada tempatnya.

2. Curug Lawe Benowo 

Curug Lawe Benowo (travelpromo)

Mau yang segar-segar? Ada juga wisata Ungaran yang bernuansa alam dan perpaduan air, yakni air terjun atau disebut juga curug. Curug yang satu ini bermawa Curug Lawe Benowo Kalisidi. Lokasinya ada di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Indrakila, Lerep, Semarang, Jawa Tengah.

Anda bisa berkunjung ke lokasi ini setiap hari. Mau pagi, siang, atau menjelang sore? Bisa! Pasalnya wisata Ungaran ini buka dari pukul 8.00 hingga pukul 14.00 WIB. Anda juga tinggal menyiapkan uang untuk membayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu saja.

Wisata Ungaran yang satu ini lokasinya ada di dalam hutan dan dilingkupi oleh tebing, sehingga jelas membutuhkan tenaga dan usaha lebih untuk sampai. Tetapi Anda tidak perlu ragu dan khawatir, pasalnya pemadangan wisata Ungaran yang bernuansa alam satu ini tiada duanya, dan sayang apabila dilewatkan.

Tahukah Anda, wisata Ungaran ini adalah salah satu air terjun yang ada di Gunung Ungaran, Semarang. Air terjun ini dilindungi oleh hutan dan lereng berbentuk setengah lingkaran yang melingkupinya. Kalau soal tinggi, wisata Ungaran yang satu ini memiliki tinggi kurang lebih 30 meter dengan jatuhan air yang menyerupai benang putih. Penasaran?

Kondisi alam yang masih asli dan asri, sehingga ada baiknya Anda tidak merusaknya dengan mencabut berbagai tanaman atau membuang sampah sembarangan ya. Anda juga ada baiknya tidak melakukan vandalisme atau corat-coret beragam fasilitas umum yang ada di wisata Ungaran ini.

3. Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron (hargatiket)

Wisata Ungaran lain yang wajib Anda coba adalah Wana Wisata Penggaron. Lokasi wisata yang satu ini berada di Siroto, Susukan, Kecamatan Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Wisata ini juga buka setiap hari dari pukul 8.00 hingga pukul 18.00 WIB. Wah, jam operasionalnya cukup panjang ya...

Tidak perlu membayar tiket masuk yang begitu mahal, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp6.000 saja. Sementara untuk parkir motor cukup membayar Rp2.000 dan parkir mobil sebesar Rp3.000. Sangat terjangkau bukan?

Wisata Unggaran yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang gemar berkemah dan hunting foto keren. Jadi, Anda jangan ragu untuk berwisata ke hutan lindung yang satu ini. Tetapi meski disebut hutan, bukan berarti Anda akan menemukan lokasi yang dikelilingi pohon dan bernuansa gelap, melainkan telah dipersiapkan berbagai fasilitas penunjang bagi wisatawan yang datang.

Beberapa fasilitas umum yang ada di wisata Unggaran yang satu ini adalah area bermain anak, parkir, toilet, musala, lokasi berkemah yang cukup luas, hingga lapangan golf. Konon, di wisata Ungaran ini juga akan dibangun menjadi Jateng Park, layaknya kebun binatang yang dipenuhi beragam satwa.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk berkemah di wisata Ungaran yang satu ini? Jika ya, ada baiknya Anda mempersiapkan segala perlengkapan dengan baik dan selalu menjaga kebersihan dari wisata Ungaran ini. Jadi, apabila berkemah, jangan lupa untuk menjaga kebersihan, tutur kata, dan perbuatan.

4. Wisata Watu Gunung

Wisata Watu Gunung (travelpromo)

Coba juga yuk datang ke wisata Ungaran yang satu ini, namanya adalah Watu Gunung. Watu Gunung sendiri merupakan Bahasa Jawa yang apabila di Bahasa Indonesiakan menjadi Batu Gunung, karena "watu" artinya adalah "batu". Lokasinya ada di Lerep Satu, Kerep, Kecamatan Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.

Anda bisa datang ke lokasi wisata Ungaran ini setiap hari dari pukul 8.00 hingga 17.00 WIB. Apabila datang ke wisata Ungaran yang satu ini, Anda bisa membayar tiket masuk sebesar Rp20 ribu per orangnya. Masih terbilang terjangkau bukan?

Wisata Ungaran ini merupakan destinasi wisata yang menyajikan udara yang amat segar dan sangat sejuk. Apabila ke lokasi ini, maka Anda akan disuguhi oleh keindahan dari suasana asli Watu Gunung yang membuat siapapun yang datang akan terpukau.

Selain itu, di wisata Ungaran yang satu ini juga tersedia beberapa kolam renang yang memiliki air yang segar. Istimewanya, kolam renang ini memiliki pemandangan yang indah, karena menyajikan konsep pegunungan.

Jadi, kapan lagi bisa berenang sepuasnya dengan pemandangan yang indah? Dijamin tubuh Anda menjadi lebih rileks dan tenang. Keluarga dan teman pun menjadi senang, karena bisa melupakan sejenak aktivitas sehari-hari yang sudah buat stres.

5. Taman Djamoe Indonesia

Taman Djamoe Indonesia (tripadvisor)

Wisata Ungaran unik yang bisa menjadi rekomendasi wisata Anda lainnya adalah Taman Djamoe Indonesia. Seperti kita ketahui bahwa Indonesia merupaan negara kepulauan dengan kekayaan alam yang sangat luar biasa, salah satunya adalah kekayaan rempah dan jamunya.

Coba, apakah Anda bisa menyebutkan beberapa jenis jamu khas Indonesia? Ye betul sekali, ada beras kencur, ada jahe, ada kunyit asem, ada jamu pahitan, dan masih banyak lagi. Belum lagi ada banyak khasiat apabila kita mengonsumsi jamu, salah satunya untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menjauhi berbagai macam virus.

Apabila datang ke wisata Ungaran yang satu ini, coba bawa sanak keluarga dan anak Anda. Tentu wisata Ungaran ini amat edukatif, lokasinya luas dan nyaman. Selain itu juga ada banyak spot foto yang amat menarik dan sayang untuk Anda dan keluarga lewatkan.

Dilihat dari sejarahnya, pasti Anda sudah familiar apabila pecinta jamu. Itu karena pemilik dari wisata Ungaran yang merupakan pabrik jamu ini adalah Nyonya Meneer. Sosok ini tentu sudah sangat terkenal di daerah Jawa Tengah bahkan Nusantara.

Bila tertarik datang dan wisata edukasi jamu, Anda dan keluarga tinggal mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp15 ribu saja per orang. Apalagi fasilitas umum di lokasi ini juga cukup lengkap dan akses perjalanan menuju wisata Ungaran yang satu ini juga begitu mudah.

6. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti (bro bali)

Tidak ada salahnya Anda juga mencoba wisata Ungaran yang menyenangkan satu ini, namanya adalah Umbul Sidomukti. Anda bisa datang ke wisata Ungaran ini setiap hari dari pukul 9.00 sampai dengan 20.00 WIB. Tentu dengan waktu yang fleksibel ini Anda akan lebih leluasa untuk mengatur perjalanan liburan bukan?

Wisata Ungaran yang satu ini memiliki luas sekitar 32 hektare dan berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pesona utama destinasi wisata Ungaran ini terletak pada kolam renang dari mata air alami yang airnya dingin dan segar. Unik bukan? Kapan lagi berenang langsung dari mata air, belum lagi mata airnya alami, tentu memberikan sensasi berenang yang baru.

Tidak hanya itu saja, wisatawan juga bisa melakukan beragam aktivitas seperti berenang dan outbound sambil menikmati pemandangan alam. Selain itu, wisata Ungaran yang satu ini juga menyediakan penginapan, camping ground, dan fasilitas gathering di dalam areanya. Sudah pasti berbagai fasilitasnya juga lengkap, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda.  

Tapi ada satu hal lagi yang perlu Anda tahu, yakni soal tiket. Pasalnya di wisata Ungaran yang satu ini ada berbagai macam tiket. Di antaranya tiket masuk, yakni sebesar Rp5.000, tiket wahana berkisar Rp15 ribu sampai dengan Rp75 ribu.

Ada juga informasi soal penginapan, yakni Umbul Sidomukti Standard Room weekday dan weekend sebesar Rp575 ribu sampai dengan Rp725 ribu, Umbul Sidomukti Standard Room weekday dan weekend sebesar Rp685 ribu sampai dengan Rp825 ribu. Untuk Umbul Sidomukti Deluxe Room weekday dan weekend sebesar Rp750 ribu sampai dengan Rp925 ribu. Ada pula Umbul Sidomukti Family Room weekday dan weekend sebesar Rp1,25 juta sampai dengan Rp1,7 juta.

7. Kampung Kopi Banaran

Kampung Kopi Banaran (ari anggorro kasi)

Coba juga datang ke wisata Ungaran yang satu ini, namanya adalah Kampung Kopi Banaran. Wisata Ungaran ini cocok untuk seluruh anggota keluarga, mulai dari anak hingga lansia. Tidak hanya itu, wisata Ungaran ini juga merupakan wisata edukatif dan amat bermanfaat.

Bagi Anda pecinta kopi, tentu saja di lokasi ini Anda bisa menikmati kopi sepuasnya. Kopinya juga bukan sembarang kopi, tentu merupakan Kopi Banaran yang khas. Anda dan keluarga juga bisa berkeliling lokasi kebun kopi dan menambah wawasan soal kopi, hingga menikmati beragam aktivitas yang seru.

Tak hanya sebatas soal kopi, di wisata Ungaran yang satu ini Anda dan keluarga juga bisa menikmati beragam aktivitas menarik, di antaranya wahana air, flying fox, berkuda, panahan, terapi ikan, mini trail, offroad, sepeda udara, dan masih banyak lagi.

Keberadaan wisata Ungaran yang satu ini berawal dari kawasan perkebunan yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero). Berada di ketinggian 480 hingga 600 mdpl, kawasan wisata Ungaran ini merupakan area perkebunan kopi yag sudah ada sejak dulu.

Destinasi agrowisata ini bahkan menyebut diri sebagai one stop tourism and education service. Itu merupakan sebuah klaim yang tidak salah, karena lengkapnya berbagai fasilitas yang ditawarkan. Sudah pasti, Anda akan dimanjakan dan dibuat betah untuk berlama-lama di tempat wisata Ungaran ini. Dijamin, Anda keluarga dan teman tentu tidak akan merasa menyesal dan kecewa datang ke wisata Ungaran yang satu ini.

8. Bukit Lerep Indah

Bukit Lerep Indah (harga tiket)

Siapa yang suka berenang? Wisata Ungaran yang satu ini mungkin bisa jadi salah satu pilihannya. Lokasinya ada di Leureup, Lerep, Kecamatan Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Anda bisa datang ke lokasi ini setiap hari mulai pukul 8.00 hingga 18.00 WIB.

Harga tiket yang ditawarkan oleh wisata Ungaran yang satu ini juga begitu murah dan sangat terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat. Terkait tiket masuk, Anda bisa membayar sebesar Rp7.000, parkir motor Rp3.000 dan parkir mobil sebesar Rp5.000. Wah sangat murah bukan? Kapan lagi bisa menikmati keindahan alam dengan harga tiket yang begitu terjangkau, tentu tidak akan membuat kantong Anda jebol.

Bukan hanya sekadar kolam renang, namun tidak sedikit juga yang menawarkan ragam fasilitas yang cukup lengkap. Salah satu daftar kolam renang di Semarang yang cukup populer yaitu Bukit Lerep Indah. Destinasi wisata air yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lho. Fasilitasnya mulai dari ruang ganti, kamar bilas, kantin, rumah makan, vila, meeting room, area parkir, musala, dan aula. Tidak heran bila wisata Ungaran ini kerap digunakan untuk berbagai acara baik kantor dan sekolah.

Patokan wisata Ungaran yang satu ini lokasinya berjarak sekitar 10 menit dari Alun-Alun Ungaran. Setelah sampai di Alun-Alun Ungaran, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Barat ke arah Kalisidi, Sicowek. Kalau masih bingung, Anda tinggal mengakses saja aplikasi penunjuk arah, dijamin Anda tidak akan tersasar.

9. Candi Gendong Songo

Candi Gedong Songo (jejak piknik)

Wisata Ungaran lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Candi Gedong Songo. Lokasinya ada di Dusun Darum, Krajan, Candi, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Wisata ini buka setiap hari dari pukul 6.30 sampai dengan 18.00 WIB, dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang.

Wisata Ungaran yang satu ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, melainkan juga belajar sejarah. Dari namanya, wisata Ungaran ini memiliki makna sembilan bangunan candi. Sembilan candi ini menyebar ke kawasan wisata dengan panorama yang indah dan memesona.

Wisata Ungaran ini berada di area Selatan lereng Gunung Ungaran, yang memiliki tinggi kira-kira 1.200 meter dari atas permukaan air laut. Itulah sebabnya suhu di kawasan wisata Ungaran ini cukup menusuk tulang, yaitu antara 19 hingga 27 derajat Celcius.

Area pegunungan dengan pemandangan alam yang memukau dan udara yang bersih, menjadikan tempat ini merupakan favorit bagi banyak pengunjung, tidak terkecuali bagi masyarakat Semarang sendiri. Maka tidak heran, apabila warga Semarang dan para wisatawan dari luar daerah kerap refreshing dan hunting foto di wisata Ungaran yang satu ini.

10. Kampung Seni Lerep

Kampung Seni Lerep (ungaran cool)

Kampung Sei Lerep merupakan salah satu komunitas budaya di Kabupaten Semarang yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Tidak heran apabila hawa sejuk dan udara segar dapat dirasakan, karena keberadaan tempatnya di ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut.

Di wisata Ungaran yang satu ini, Anda bisa temukan berbagai macam pengenalan budaya, termasuk nguri-nguri berbagai seni dan menjadi sebuah warisan budaya. Wisata Ungaran ini bahkan menjadi suatu lahan persemaian berbagai buah pikiran untuk memaknai sebuah proses kerja budaya.

Diketahui, wisata Ungaran yang satu ini merupakan sebuah kampung seni. Kampun Seni Lerep dibangun di atas tanah seluas 10.000 meter persegi di Ungaran, Semarang, atas gagasan Pecinta Seni Handoko. Akhirnya, kampung seni bernama Kampung Seni Lerep akhirnya diwujudkan pada 2006.

Ada banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati di wisata Ungaran yang satu ini. Antara lain Joglo Indrakila, Joglo Ondrowina, Griya Gladi, dan Teater Terbuka. Di lokasi tersebut ada dipamerkan aneka barang hasil seni, misalnya batik, keramik, lukisan kaca, dan lainnya. Wah buat penasaran ya?

11. Museum Kereta Api

Museum Kereta Api (sewa mobil ungaran)

Naik kereta api tut tut tut... Siapa hendak turut? Eits, tapi di lokasi wisata Ungaran ini Anda tidak bisa naik kereta api ya, karena kereta api yang ada di lokasi ini sudah tidak beroperasi. Nama lokasinya adalah Museum Kereta Api. Wisata Ungaran yang satu ini merupakan wisata edukasi yang menarik, cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak.

Awalnya, wisata Ungaran yang satu ini merupakan stasiun kereta api yang dulu beroperasi. Tetapi sayang, banyak jalur yang rusak dan stasiun ini kemudian beralih fungsi menjadi museum kereta api. Jadi selain berlibur, Anda yang datang ke wisata Ungaran satu ini bisa mendapatkan banyak ilmu.

Harga tiket masuk wisata Ungaran yang satu ini juga amat terjangkau, yakni hanya Rp10 ribu untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak. Wah murah bukan? Anda juga bisa datang ke wisata Ungaran ini setiap hari dan sudah buka dari pukul 8.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Wisatawan yang datang ke wisata Ungaran ini bisa mengetahui sejarah Kereta Api Indonesia, jalur, dan replika kereta api. Tidak hanya itu, museum ini juga menunjukkan alat pemutar gerbong kereta. Ada juga perpustakaan bernama Kereta Api Pustaka, hingga melihat koleksi lokomotif uap, benda antik, dan ada paket perjalanan wisata Ambarawa Railway Mountain.

12. Vanaprastha Park

Vanaparastha Park (jurnal angga)

Hmm, agak sulit ya pelafalan untuk wisata Ungaran yang satu ini, Vanaprastha Park. Wisata Ungaran yang satu ini menawarkan pesona hutan pinus yang dapat kembali menyegarkan mood, dilengkapi dengan beberapa vila untuk istirahat dan menghilangkan penat.

Selain lokasinya yang asyik buat foto-foto, ternyata di wisata Ungaran ini Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain, yakni bermalam di perkemahan hingga mencoba outbound. Untuk berkemah, wisata Ungaran ini memang amat direkomendasikan, apalagi keadaan rerumputan yang hijau, pendek, dan bersih. Di wisata Ungaran ini juga udaranya segar dan dingin, jadi jangan lupa membawa pakaian hangat ya.

Tidak perlu mengeluarkan biaya yang dalam untuk libran di wisata Ungaran ini. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 saja dan harganya bisa berubah di hari-hari tertentu. Pastinya, harganya masih terjangkau dan murah meriah bagi semua kalangan.

Tidak heran apabila wisata Ungaran yang satu ini memiliki pemandangan yang instagramable. Bahkan ada yang menjuluki bahwa wisata Ungaran ini bagaikan ada di Film Twiligt ala Indonesia. Mau membuktikannya? Jangan ragu, bawa keluarga Anda bermalam di wisata Ungaran ini.

13. Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang (bro bali)

Ada lagi wisata Ungaran yang bernuansa alam dan sayang untuk Anda lewatkan, namanya adalah Air Terjun Semirang. Lokasinya ada di Gogik, Kecamatan Ungaran, Semarang, Jawa Tegah. Wisata Ungaran ini juga buka setiap hari, dari pukul 8.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Berasa di sebuah desa, membuat wisata Ungaran ini jarang terjamah oleh manusia. Bagaimana tidak? Di wisata Ungaran ini tidak banyak ditemukan kendaraan. Maka dari itu, Anda yang mau berwisata ke lokasi ini agar ada baiknya menggunakan kendaraan sepeda motor.

Sesampainya di wisata Ungaran ini, Anda tinggal membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 saja. Meski murah, tapi pesona alam yang ditawarkan tidaklah murahan. Anda bisa melihat estetika alam, mulai dari pepohonan tinggi, air yang jernih dan dingin, serta udara sejuk.

Ada juga informasi yang dipercayai oleh penduduk sekitar, yakni bila mandi di wisata Ungaran yang satu ini, Anda bisa kelihatan awet muda. Nah, apakah Anda mau membutikannya?

14. Gunung Unggaran

Gunung Ungaran (blog jadi pergi)

Bagi Anda yang gemar dengan wisata memicu adrenalin, bisa mencoba datang ke wisata Ungaran yang satu ini. Namanya adalah Gunng Ungaran, yakni gunung berapi bertipe stratovolcano yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tegah.

Meski namanya gunung, tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena untuk mencapai wisata Ungaran yang satu ini tidak sesulit dengan mendaki gunung lain yang ada di Pulau Jawa. Bahkan terkadang, mendaki gunung yang satu ini kerap diremehkan karena dianggap kurang menantang. Tapi justru, wisata Ungaran ini cocok bagi Anda pendaki pemula yang ngin mencicipi serunya mencapai puncak suatu gunung.

Anda juga tidak perlu khawatir karena wisata Ungaran yang satu ini bukan termasuk gunung berapi yang aktif. Tetapi memang ada sumber air panas di kaki gunungnya. Selain itu ada tiga jalur yang bisa Anda pilih, di antaranya melalui Gedong Songo, Kebun Teh Promasan, dan Base Camp Mawar yang paling populer di kalangan para pendaki.

Namanya naik gunung, tentu tidak lengkap rasanya bila tidak membuat kemah dan bermalam. Aktivitas itu juga bisa Anda lakukan bila datang ke wisata Ungaran ini. Setelah berkemah dan bermalam, Anda selanjutnya bisa melakukan perjalanan kembali. Apabila tidak mau bermalam juga tidak masalah, karena wisata Ungaran ini bisa dilalui selama tiga jam saja untuk menuju puncaknya.

15. The Vountain Waterpark

The Vountain Waterpark (jejak kenzie)

Wisata seru nan menyenangkan lainnya adalah The Vountain Water Park. Lokasinya ada di Jalan Bima Sakti Raya, Nomor 16 A, Keluarahan Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kamang Tengah, Lerep, Semarang. Anda bisa datang ke wisata Ungaran yang satu ini setiap hari dari pukul 7.00 hingga 17.00 WIB dengan membayar tiket sebesar Rp15 ribu.

Anda juga tidak perlu khawatir, pasalnya wisata Ungaran yang satu ini aman dan nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga. Wisata Ungaran ini juga menyuguhkan beragam wahana permainan air yang menarik dan membuat siapapun yang berkunjung betah berlama-lama.

Apabila datang ke wisata Ungaran yang satu ini, Anda bisa melihat empat pilar kokoh dengan air mancur yang mengalir dari atapnya, bernuansa Eropa. Tidak heran apabila air mancur tersebut menjadi ikon wisata Ungaran yang satu ini, sehingga jangan lupa melewatkan untuk berfoto dan menikmatinya sambil bermain air.

Uniknya wisata Ungaran yang satu ini, ternyata terdapat empat kolam dengan kedalaman yang berbeda. Setiap kolamnya memiliki kedalaman tersendiri dan didesain terpisah. Ada yang kedalamannya 30 sentimeter (cm) untuk balita, 50 cm untuk anak, dan kolam kedalaman 100 cm sampai dengan 150 cm untuk dewasa dan dikelilingi dengan pepohonan dan pemandangan yang amat indah.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro