Netral English Netral Mandarin
banner paskah
04:39wib
Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan awal puasa atau 1 Ramadan 1442 Hijriah di Indonesia jatuh pada Selasa (13/4/2021). Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) setuju penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
15 Destinasi Wisata Temanggung Hits dan Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Kamis, 21-January-2021 19:00

Wisata Temanggung Kledung Pass
Foto : Hipwee
Wisata Temanggung Kledung Pass
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Apakah Anda bingung mencari tempat liburan terbaru di Jawa Tengah? Tidak ada salahnya jika Anda dan keluarga berkunjung ke sebuah daerah di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang satu ini, wisata Temanggung.

Sebelumnya, apakah Anda sudah tahu lokasi daerah Temanggung? Temanggung merupakan sebuah kabupaten di Jateng dengan ibukotanya adalah Kota Temanggung. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Kendal di bagian Utara, Kabupaten Semarang di bagian Timur, Kabupaten Magelang di bagian Selatan, serta Kabupaten Wonosobo di bagian Barat.

Di daerah Temanggung ini ternyata memiliki segudang wisata menarik yang sayang jika Anda, keluarga, dan kerabat lewatkan. Berbagai objek wisata yang ditawarkan mulai dari wisata sejarah, wisata pendidikan, wisata alam, wisata air, dan wisata lainnya yang tentu menambah pengalaman perjalanan liburan Anda.

Meski menawarkan berbagai macam objek wisata menarik dan menggiurkan, Anda juga tidak perlu khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan. Menyusuri wisata Temanggung, Anda masih tetap bisa liburan hemat karena harga−harga tiket yang terjangkau tapi wisata yang tentu tidak murahan.

Berikut ini 15 destinasi wisata Temanggung paling hits dan terbaru yang wajib Anda dikunjungi. Destinasi ini juga tentu bisa menjadi rekomendasi destinasi untuk mengisi waktu libur Anda bersama keluarga dan kerabat:

1. Wisata Alam Sigrowong

Bagi Anda yang mencari suasana sejuk dari hijaunya pepohonan, Wisata Alam Sigrowong bisa jadi salah satu destinasi wisata Temanggung yang wajib Anda kunjungi. Di lokasi ini, Anda bisa melihat ribuan pohon pinus yang membuat betah untuk tinggal berlama−lama.

Apabila tertarik, Anda bisa datang ke lokasi wisata Temanggung ini yang berada di Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jateng. Tidak hanya menawarkan wisata alam, Sigrowong yang letaknya sekitar 5 km dari pusat ibu kota Kecamatan Kandangan ini juga menawarkan wisata sejarah.

Di wisata Temanggung yang masih asri ini, Anda bisa berkunjung ke Taman Gua Sigrowong. Di gua tersebut Anda bisa melihat sebuah lubang yang konon merupakan tempat persembunyian para Tentara Pelajar saat zaman Belanda.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir dengan medan yang sulit, saat menyusuri kawasan wisata Temanggung yang satu ini. Pasalnya, jalanan telah ditata dengan rapih dan bersih, sehingga Anda dan keluarga tentu lebih merasa nyaman. Anda juga tidak boleh kelewatan untuk mengabadikan momentum liburan sambil berswafoto dengan latar tingginya pohon pinus.

2. Pikatan Water Park

Mau wisata Temanggung yang berbasah−basah ria? Tenang, pasti ada. Nama lokasi wisatanya adalah Pikatan Water Park, yang dikenal sebagai taman rekreasi air terbesar yang ada di Jateng.

Meski namanya terdengar keren, Anda tidak perlu takut merogoh kocek yang dalam. Cukup dengan membayar tiket sebesar Rp15.000 untuk hari biasa dan Rp20.000 untuk akhir pekan, Anda sudah bisa berenang dan menikmati wahana air sepuasnya bersama keluarga.

Anda juga tidak perlu binggung mencari alamat Pikatan Water Park ini, pasalnya wisata Temanggung yang satu ini mudah diakses. Lokasinya ada di Komplek Pikatan Water Park RT V/RW 5, Jalan Raya Pikatan, Mudal, Temanggung, Jateng.

Bukan sembarang kolam renang dan wahana air biasa, di wisata Temanggung ini, Anda bisa menikmati air kolam renang yang segar. Air terasa segar karena bersumber langsung dari mata air pegunungan lho.

Sensasi lainnya, Anda bisa berenang dengan suasana pedesaan dan pemandangan Gunung Sumbing serta Gunung Sindoro. Pasti buat Anda penasaran kan?.

3. Wisata Alam Posong

Wisata Alam Posong (Hipwee)

Posong jadi salah satu wisata Temanggung bernuansa alam yang wajib Anda kunjungi. Wisata alam ini cocok untuk Anda yang mau mencuci mata, setelah bosan melihat gedung−gedung perkotaan yang mencakar langit setiap hari.

Pagi−pagi buta di pukul 4.00 WIB, Anda sudah bisa datang ke wisata Temanggung yang satu ini. Tapi bila bangun kesiangan saat liburan, Anda juga tidak perlu khawatir karena Wisata Alam Posong beroperasional hingga pukul 16.30 WIB.

Bila ingin berkunjung ke wisata Temanggung satu ini, Anda langsung saja meluncur ke kawasan Legundi, Batusari, Candiroto, Temanggung, Jateng, persis di kaki Gunung Sindoro. Eits, tapi jangan lupa siapkan pecahan Rp20.000 ya untuk membayar tiket masuk. Terjangkau bukan?.

Di wisata Temanggung satu ini, Anda bisa melihat hutan pinus berbaris, hamparan sawah, kebun tembakau, hingga aktivitas penduduk sekitar yang berkebun sayur−mayur segar, ditemani bukit−bukit gagah yang masih asri.

Jangan lewatkan juga kesempatan untuk menikmati dan mendokumentasikan matahari terbit dan matahari tenggelam di Lembah Sindoro Posong. Matahari akan menggeliat dari balik Gunung Sumbing, dipadu dengan bayangan dari jajaran beberapa gunung, mulai dari Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, Gunung Muria, dan Gunung Ungaran. Sedangkan saat matahari tenggelam, Anda akan dibuat takjub dengan sinar matahari yang berpamitan di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

4. Curug Trocoh (Surodipo)

Air Terjun Trocoh (Potensi Jateng)

Salam kenal dari wisata Temanggung lain yang bernama Curug Trocoh atau dikenal juga dengan sebutan Curug Surodipo. Surodipo diketahui merupakan pengikut setia dari pahlawan nasional Pangeran Diponegoro,yang pernah bertindak sebagai panglima perang melawan Tentara Belanda.

Beda lagi dengan istilah Trocoh, yang dalam Bahasa Jawa artinya “selalu mengeluarkan air”. Sudah terbukti, air di curug ini tidak pernah surut meskipun kemarau panjang sedang melanda.

Di wisata Temanggung ini, Anda akan disuguhi dengan air terjun yang memiliki lima terjunan bertingkat. Ketinggian curug dari puncak ke dasar yakni 120 meter, dan jarak antara terjunan satu dan terjunan berikutnya rata−rata 20 meter.

Anda bisa duduk−duduk di bebatuan alam di sekitar curug, sambil menikmati keindahan dan kesejukkan udaranya. Di wisata Temanggung ini Anda juga tidak perlu heran apabila melihat pengunjung lain yang bermeditasi di goa yang tak jauh dari curung, yakni Watu Godheg.

Tenang saja, wisata Temanggung ini bisa kok diakses dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Eits, tapi masih dilanjutkan dengan naik bukit menuju Curug Trocoh yang berjarak 3 km.

5. Gunung Prau

Gunung Prau (Getlost)

Apakah Anda familiar dengan nama Gunung Prau? Bila iya, Anda tentu tidak salah. Pasalnya wisata Temanggung satu ini merupakan gunung kecil yang menjadi tujuan favorit para pendaki di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.

Tidak heran wisata Temanggung ini cocok dieksekusi oleh para pendaki pemula, karena jalur pendakian yang pendek dan jalur pendakian yang mudah. Waktu pendakian bahkan bisa ditempuh dengan waktu rata−rata tiga sampai empat jam saja.

Meski wisata Temanggung ini dikenal gunung kecil, jalur pendakian pendek, dan mudah, tetapi Anda tidak boleh sepelekan keindahan yang ditawarkan. Puncak Gunung Prau diklaim memiliki tempat terbaik se-Asia Tenggara untuk melihat sunrise alias matahari terbit.

Di wisata Temanggung satu ini, Anda juga tidak perlu khwatir dengan fasilitas dan pelayanannya. Disediakan area parkir, musala, kamar mandi, penginapan, serta para penduduk yang ramah−ramah.

Sudah tak sabar mau ber-selfie dan berfoto di Gunung Prau? Rencanakan perjalanan Anda ke wisata Temanggung yang berlokasi di Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jateng ini. Tak perlu pusing memikirkan kendaraan, pasalnya wisata Temanggung ini bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

6. Bukit Wagir Bawang

Bukit Wagir Bawang (Jadwal Travel)

Wisata Temanggung terbaru lainnya yang wajib Anda kunjungi adalah Bukit Wagir Bawang. Letaknya di Desa Simpar, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung, Jateng.

Tidak usah takut kantong bolong, Anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp5.000 saja untuk membeli tiket masuk. Tentu sangat terjangkau bukan? Padahal ada berbagai macam aktivitas yang ditawarkan oleh wisata Temanggung ini lho.

Anda bisa berfoto sepuasya di wisata Temanggung satu ini, karena ada berbagai macam spot foto yang Instagramable. Dijamin, hasil jepretan foto dari berwisata di lokasi ini akan mempercantik media sosial Anda dan buat teman−teman iri.

Tidak hanya spot foto menarik, Anda juga bisa menjelajah ke gardu padang bertingkat yang lokasinya masih ada di kawasan objek Wisata Bukit Wagir Bawang ini. Di gardu padang, Anda bisa melihat luasnya lokasi wisata dari ketinggian untuk mencuci mata, menghirup udara segar, dan menikmati asrinya wisata Temanggung.

Rupanya, di Bukit Wagir Bawang ini juga terdapat camping ground lho, jadi Anda dan keluarga bisa mencoba sensasi kemping. Anda bisa mendirikan tenda−tenda untuk bermalam, apabila pagi datang, matahari pagi akan menyambut dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang hijau dari bukit−bukit.

7. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo (Airyroom)

Wisata Temanggung lain yang bisa Anda jelajahi adalah Wisata Candi Gedong Songo, yang kental akan sejarah. Wisata ini terletak di Kecamatan Gemwang, Kabupaten Temanggung, Jateng.

Di wisata Temanggung satu ini, Anda bisa melihat candi yang masih berdiri kokoh, karena terawat dan terjaga. Di sekelilingnya, Anda juga disuguhkan dengan pemandangan pepohonan yang sejuk, hamparan bukit−bukit yang hijau dan pegunungan yang gagah.

Di waktu tertentu, Anda bisa menikmati keindahan candi berselimut kabut. Momentum ini tentu menambah pengalaman baru bagi Anda dalam berwisata sejarah di candi.

Ada berbagai fasilitas yang disediakan di wisata Temanggung ini, diantaranya area parkir kendaraan, musala, kamar mandi, tempat istirahat, warung makan, dan lainnya. Sebagai wisatawan, Anda juga tidak perlu takut dan khawatir karena penduduk sekitar begitu ramah menyambut.

8. Watu Angkrik

Watu Angkrik (Info Publik)

Coba awali hari Anda di Temanggung dengan berkunjung ke objek wisata Watu Angkrik. Di sini Anda bisa melihat kecantikan mentari yang “baru bangun tidur” dan melihat keindahan panorama pegunungan saat matahari sudah tinggi.

Masuk ke kawasan wisata Temanggung yang satu ini, ternyata tidak dikenakan biaya tiket. Tetapi tidak heran, apabila di kawasan ini terdapat kotak sumbangan untuk diisi dengan seikhlasnya.

Datang ke objek wisata Temanggung ini membuat Anda dijamin betah berlama−lama. Kabut pekat kerap menyelimuti pepohonan hingga bukit−bukit kecil di sekeliling Watu Angkrik, menambah kesejukkan dan serasa bersatu dengan alam.

Ada berbagai macam fasilitas yang disediakan di Watu Angkrik, di antaranya gardu pandang dan gazebo yang dibangun dari bambu. Selain itu ada juga fasilitas flying fox hingga sentra makanan tradisional untuk memanjakan lidah Anda.

Anda juga bisa membeli berbagai macam oleh−oleh khas Watu Angkrik, misalnya berbagai suvenir dan kaos dengan motif tulisan dan gambar Watu Angkrik. Harga yang dibandrol untuk buah tangan ini juga ditawarkan dengan harga yang masih terjangkau.

9. Embung Tlogopucang

Embung Tlogopucang (Wisatane)

Wisata Temanggung lain yang terbaru dan sedang hits adalah Embung Tlogopucang. Objek wisata ini terletak di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Temanggung, Jateng.

Kata “embung” di sini memang merupakan penampungan air hujan yang diperuntukkan saat musim kemarau tiba, pasalnya desa ini kerap dilanda kekeringan. Siapa sangka, embung tersebut kini jadi salah satu wisata Temanggung yang mampu menarik perhatian para wisatawan.

Di lokasi ini, Anda bisa meihat penampungan air yang luas dengan pemandangan pepohonan hijau dan pegunungan. Suasana berkabut dan berawan menambah keromantisan bila berkunjung bersama dengan pasangan kekasih, apalagi di lokasi ini ada banyak spot foto yang instagramable.

Di Embung Tlogopucang juga bisa menjadi salah satu pilihan unik untuk berkemah. Pasalnya selain menikmati luasnya air bagai lautan dan indahnya potret refleksi alam, Anda juga bisa menikmati langit malam yang berbintang.

10. Umbul Jumprit

Umbul Jumprit (Gegyuarini)

Yuk, coba kunjungi objek wisata alam yang lain seperti Umbul Jumprit yang lokasinya berada di jalan Ngadirejo, Purbosari, Temanggung, Jateng.

Memasukki kawasan ini, Anda akan disambut dengan gerbang berarsitektur Jawa Kuno. Sekitar 30 meter, Anda kembali disambut dengan gerbang kedua dan sebuah patung monyet putih, Hanoman.

Dijamin menambah pengalaman baru Anda untuk berwisata, pasalnya kawasan ini merupakan kawasan wanawisata atau wisata hutan, khususnya Hutan Pinus. Tidak hanya itu, kawasan ini juga menawarkan agrowisata, perkemahan, hingga habitat kera yang masih liar.

Sedangkan secara  spesifik, wisata Temanggung ini dikenal sebagai kawasan mata air yang terletak di lereng Gunung Sindoro. Luar biasanya, mata air yang terletak di bawah sebuah goa dan dinaungi pohon besar ini tidak pernah kering, meskipun musim kemarau melanda. Bahkan mata air Umbul Jumprit menjadi sumber air bagi Sungai Progo.

11. Batu Rananggana

Batu Rananggana (Tempatwisataseru)

Batu bukan sembarang batu, Batu Rananggana merupakan batu berukuran besar yang terletak di atas puncak Gunung Candil. So, sudah jelas Anda harus mendaki Gunung Candil terlebih dahulu untuk mencapai ikon batu unik wisata Temanggung ini.

Tapi sesampainya di puncak Gunung Candil dan menggapai Batu Rananggana, rasa lelah Anda akan terbayarkan. Pasalnya dari atas batu ini, Anda bisa menikmati alam bagai lukisan.

Pemandangan yang ditawarkan adalah pegunungan, bukit-bukit, pepohonan hijau dan kabut yang bersahabat. Anda bisa menikmati udara sejuk, selepas memacu adrenalin berdiri di atas batu.

Eits, jangan lupa ya untuk ber-selfie dan dokumentasikan pemandangan dari atas wisata Temanggung ini. Dijamin, Anda punya foto yang ekslusif karena tidak banyak orang yang tahu wisata tersembunyi satu ini.

12. Curung Lawe

Curug Lawe (Jejakpiknik)

Curug lagi! Ya, ini salah satu curug sebagai wisata Temanggung lainnya yang wajib Anda kunjungi. Unik ya namanya, ternyata Bahasa Jawa "lawe" memang memiliki arti tersendiri yakni “benang yang halus”. Pasalnya air yang mengalir, jatuh dari air terjun bagaikan untaian benang putih yang menjuntai halus.

Suasana curug wisata Temanggung satu ini masih sangat alami dan indah. Rasa lelah yang Anda lalui di dalam perjalanan akan terbayarkan dengan pesona alamnya.

Setelah menikmati hempasan air dari Curug Lawe, Anda juga bisa relaksasi di mata air panas yang lokasinya terdapat di sekitar curug. Anda bisa berendam di air hangat, ditemani dengan dinginnya udara pegunungan.

Memang perlu perjuangan tersendiri untuk mencapai wisata Temanggung yang masih asri ini. Anda harus menempuh sejauh sekitar 26 km, dari pusat Kota Temanggung hingga mencapai lokasi Curug Lawe. Tidak sampai di situ, Anda juga masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki yang jalurnya telah di aspal.

13. Monumen Meteorit Wonotirto

Monumen Meteorit Wonotirto (Tribun Jateng)

Wisata Temanggung lagi-lagi menawarkan keunikan dan membawa Anda merasakan pengalaman yang berbeda. Anda bisa berkunjung ke Monumen Meteorit Wonotirto. Lokasinya ada di Wunut−Wonotirto, Bulu, Temanggung, Jateng.

Wisata Temanggung yang satu ini dibangun untuk mengingat peristiwa alam, yakni jatuhnya meteor di Desa Wonotirto. Saat itu meteor jatuh pada Jumat, 11 Mei 2001, sekitar pukul 9.00 WIB.

Desa Wonotirto bahkan diklaim menjadi desa pertama di Indonesia yang secara resmi mengalami kejatuhan benda luar angkasa, yakni meteor. Desa Wonotirto yang berada di lereng Gunung Sumbing ini lantas dijadikan objek wisata Temanggung.

Monumen dibuat berdasarkan bentuk replika dari pecahan meteor yang jatuh. Monumen yang diresmikan pada Februari 2002 ini berwarna sedikit perak dan tegak berdiri, dikelilingi oleh anak tangga.

14. Kledung Pass

Kledung Pass (Hipwee)

Wisata Temanggung yang tak kalah luar biasa lainnya adalah Kledung Pass. Ini merupakan salah satu tempat wisata pegunungan yang menunjukkan panorama yang indah. Berlokasi di Jalan Raya Kledung Kilometer 18, Kabupaten Temanggung.

Wisata Temanggung yang satu ini berada di antara dua gunung, yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Diapit oleh dua gunung, tidak heran bila objek wisata ini dikelilingi dengan suasana alam yang masih hijau, asri, dan udara yang sejuk.

Sebelum dijadikan sebagai objek wisata, Kledung Pass diketahui dulunya merupakan kawasan perkebunan tembakau. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat perkebunan teh yang terbilang luas.

Menawarkan keindahan panorama alam, tidak heran di sekitar tempat wisata Temanggung ini berdiri rumah−rumah makan. Selain itu juga banyak berjamur penginapan dengan pemandangan gunung kembar tersebut, untuk menambah pengalaman berwisata Anda.

15. Alam Sewu

Alam Sewu (Wisatane)

Alam Sewu jadi salah satu wisata Temanggung yang hits dan sudah terkenal. Sebagai wisata alam, tentu saja Alam Sewu memiliki pemandangan yang indah dan suasana yang asri.

Lokasi dari wisata Temanggung ini berada di Giripurno, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jateng. Jalan menuju lokasi ini terbilang masih terjal dan berbahaya, jadi Anda tentu harus berhati−hati apabila bermotoran untuk mencapai lokasi ini.

Memasuki kawasan ini, Anda hanya dikenakan biaya Rp5.000 saja. Satu harga tersebut berlaku untuk hari biasa atau week day, maupun hari libur dan akhir pekan atau week end. Tetapi harga tersebut bisa berubah sewaktu−waktu.

Lantas, kapan saat yang tepat untuk datang ke lokasi ini? Untuk jam operasional sendiri tertera dibuka selama 24 jam. Maka dari itu, Anda bisa datang pagi hari untuk menikmati matahari terbit atau bahkan sore hari untuk menikmati momentum matahari terbenam.

Mau datang siang hari juga tidak kalah indah, karena Anda bisa berfoto dengan pemandangan keindahan pepohonan dari ketinggian. Belum lagi ada pemandangan perkebunan dan pegunungan yang bisa tampak sangat jelas dari Alam Sewu.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani