Netral English Netral Mandarin
banner paskah
23:46wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
12 Wisata Wonosobo Terbaru di 2021, Favorit Banget!

Minggu, 24-January-2021 16:00

Wisata Wonosobo, Telaga Warna
Foto : Travels Promo
Wisata Wonosobo, Telaga Warna
2

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Bosan dengan aktivitas sehari−hari? Mau jalan−jalan dan jelajah suasana alam tapi takut kejauhan dan buat kantong jebol? Eits, tidak usah khawatir, Anda dan keluarga bisa menikmati berbagai wisata Wonosobo lho.

Memang tidak lengkap rasanya bila keliling Jawa Tengah (Jateng) tidak mampir ke daerah yang satu ini. Wisata Wonosobo ini cocok banget dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga dan kerabat.

Bagaimana tidak? Berbagai lokasi wisata Wonosobo ini mudah diakses dengan kendaraan. Selain itu tiket masuk ke berbagai tempat wisata juga sangat murah, tapi wisata alamnya dijamin tidak murahan dong

Berikut ini 12 wisata Wonosobo terbaru di 2021, yang bisa menjadi alternatif Anda dan keluarga untuk jalan−jalan. Terbukti rekomendasi wisata Wonosobo ini jadi destinasi favorit bagi para wisatawan. Yuk cekidot!.

1. Curug Winong Kaliwiro

Curug Winong Kaliwiro (Jejak Piknik)

Wisata Wonosobo favorit yang bisa dijadikan sebagai tujuan pertama adalah Curug Winong Kaliwiro. Curug ini berlokasi di Satu, Winongsari, Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jateng, yang buka sedari pukul 8.00 hingga pukul 18.00 WIB. Jadi Anda dan keluarga bisa mengatur rencana perjalanan dengan nyaman, karena jam operasional yang fleksibel.

Wisata ini menawarkan pesona alam yang luar biasa dan dijamin membuat Anda takjub. Jangan heran bila hingga saat ini masih ada wisata alam yang masih sangat alami dan asri, karena terasa di area hutan desa.

Anda dan keluarga juga tidak perlu khawatir dengan akses perjalanan menuju lokasi wisata Wonosobo yang satu ini. Pasalnya, perjalanan ke Curug Winong sudah di aspal lho, selain itu Anda juga akan disambut dengan udara segar di sepanjang perjalanan.

Tiket masuk ke wisata Wonosobo yang satu ini juga murah banget! Hanya dengan membayar Rp2.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati dinginnya gemericik air dan pepohonan rindang di sekitar curug. Anda juga jangan lupa mengabadikan momentum berkunjung ke wisata Wonosobo yang satu ini ya.

2. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang (Nusa Daily)

Tahukah Anda, bahwa di Wonosobo juga ada kawah yang dijadikan destinasi wisata bagi Anda dan keluarga? Nama tempat wisata Wonosobo kali ini adalah Kawah Sikidang. Lokasinya ada di Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jateng. Kawah ini buka sejak pukul 7.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya.

Jangan heran, Kawah Sikidang ini merupakan salah satu unggulan wisata Wonosobo, karena masih menunjukkan aktivitas vulkanik yang menjadi daya tarik tersendiri. Meski demikian, lokasi ini aman dikunjungi, namun tetap harus memperhatikan setiap petunjuk dan tidak melanggar serta merusaknya.

Posisi wisata Wonosobo yang satu ini berada di tanah yang datar, sehingga Anda bisa melihat lumpur panas yang masih meletup−letup. Selain itu ada gas atau asap yang berwarna putih bagaikan awan yang mengepul di udara.  Maka dari itu memasuki wisata Wonosobo yang satu ini, biasanya Anda akan disarankan untuk mengenakan masker.

Anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp10.000 saja untuk memasuki wisata Wonosobo yang satu ini. Aktivitas yang bisa dilakukan di antaranya berfoto di berbagai spot, naik sepeda motor yang disewakan menjelajahi kawah, hingga berbelanja hasil sayur dan oleh−oleh khas Wonosobo.

3. Telaga Menjer

Telaga Menjer (Tripadvisor) 

Selain kawah, ada juga wisata Wonosobo yang bernuansa alam lain, yakni Wisata Alam Telaga Menjer. Lokasi wisata Wonosobo yang satu ini terletak di Maron, Garung, Kabupaten Wonosobo, Jateng, yang buka selama 24 jam.

Usut punya usut, ternyata wisata Wonosobo yang satu ini terbentuk dari letusan Gunung Pakuwaja di masa lalunya. Sebelum terjadi letusan, danau ini hanyalah mata air kecil kemudian melebar ketika turun hujan.

Harga tiket wisata Wonosobo yang satu ini juga masih terbilang terjangkau, yakni Rp5.000 saja. Tetapi ada juga fasilitas lain yang akan dikenakan biaya tersendiri, misalnya wahana perahu untuk dewasa dikenakan biaya Rp15.000 dan untuk anak dikenakan biayaRp 10.000. Anda dan keluarga juga bisa menyewa perahu getek dengan kapasitas 10−12 orang, dengan biaya Rp100.000.

Wisata Wonosobo yang satu ini memiliki luas 70 hektare dan udaranya begitu sejuk, cocok bagi Anda yang ingin merilekskan pikiran dan mencuci mata. Masih asri, telaga air di wisata Wonosobo ini sangat jernih bagai cermin raksasa yang bisa untuk berkaca.

4. Gunung Lanang

Gunung Lanang (Takaitu)

Gunung Lanang merupakan salah satu gunung yang bisa dijadikan rekomendasi perjalanan wisata Anda. Wisata Wonosobo yang satu ini terletak di Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jateng.

Apabila dilihat dari ketinggiannya, wisata Wonosobo yang satu ini memiliki ketinggian tidak sampai 600 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tetapi warga sekitar yang sangat ramah, menanggapnya sebagai gunung dengan pemandangan indah, suasana sejuk, asri.

Wisata Wonosobo yang satu ini ternyata minyimpan misteri dan legenda, yang kisahnya dipercaya oleh penduduk yang tinggal di sekitarnya. Konon, dulu sempat ada seorang pria yang dikutuk oleh orangtuanya karena mempertahankan cinta yang tak direstui orang tua. Mungkin karena hal tersebut, wisata Wonosobo ini disebut sebagai Gunung Lanang, yang artinya gunung laki−laki.

Akses menuju wisata Wonosobo yang satu ini cukup mudah, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit dari jalan raya untuk sampai di lokasi wisata ini. Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan fisik untuk mendaki gunung karena cukup menguras tenaga.

5. Bukit Siloreng Indah

Bukit Siloreng Indah (Sikidang)

Selain wisata gunung, ada juga wisata bukit namanya Bukit Siloreng Indah. Wisata Wonosobo yang satu ini terletak di Desa Somogede, Kecamatan Wadas Lintang, Wonosobo, Hutan, Kalidadap, Kabupaten Wonosobo, Jateng, yang jam operasionalnya pukul 7.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Wisata Wonosobo yang satu ini dikenal sebagai salah satu wisata favorit dan viral di Wonosobo. Tidak heran, apabila destinasi wisata ini menjadi salah satu yang paling rekomendasi ketika berkeliling Jateng.

Ternyata wisata Wonosobo yang satu ini belum menerapkan harga tiket wisata atau biaya untuk pengelolaan retribusi wisata. Sehingga para pengunjung yang datang bisa masuk dengan gratis ke kawasan yang indah dan instagramable ini.

Meski tergolong sebagai wisata Wonosobo yang baru tetapi fasilitas umum di Bukit Siloreng Indah ini cukup lengkap. Ada disediakan area parkir, lokasi untuk kemping, berbagai wahana permainan adrenalin, hingga sunset view.

6. Air Terjun Sikarim

Air Terjun Sikarim (Native Indonesia) 

Asyik nih, salah satu wisata Wonosobo nuansa alam yang jadi favorit, namanya Air Terjun Sikarim. Wisata ini terletak di sawah dan hutan Sambungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jateng. Wisata Wonosobo ini buka setiap hari, sedari pagi hingga sore hari, bahkan di hari−hari tertentu buka selama 24 jam.

Wisata Wonosobo yang satu ini terletak di Dataran Tinggi Dieng, di antara Gunung Bisma dan Gunung Sikunir pada ketinggian 1.800 mdpl. Tidak heran apabila hawa dingin dan kabut menyelimuti kawasan yang hanya berjarak kurang dari 2 kilometer dari desa tertinggi di Pulau Jawa, Desa Sembungan.

Jajaran pohon pakis yang tinggi menjulang tumbuh di sekitaran air terjun. Tebing−tebing kokoh dan bersanding dengan tanaman−tanaman menambah keasrian dan kesejukan udara di wisata Wonosobo yang satu ini. Belum lagi ada berbagai tanaman sayur−mayur yang akan menyambut Anda selama perjalanan menuju kawasan ini.

Selain itu, jangan heran jika Anda disajikan dengan lagu−lagu hiburan dangdut apabila memasuki kawasan ini. Tapi tidak gratis ya, Anda akan dikenakan biaya Rp5.000 untuk hiburan dangdut, sama juga dengan harga tiket masuk yang dibanderol dengan harga yang sama.

7. Arung Jeram Serayu

Arung Jeram Serayu (Ihategreenjello) 

Anda suka wisata yang memacu adrenalin? Tenang, wisata Wonosobo menyediakannya. Nama objek wisatanya adalah Arung Jeram Serayu yang lokasinya berada di Jalan Banjarnegara Kilometer 15, Desa Randegan, Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Jateng.

Wisata Wonosobo yang satu ini menyajikan sebuah perjalanan menyusuri sungai dengan varietas flora dan fauna yang dapat dinikmati wisatawan sembari mendayung perahu. Wisata Wonosobo ini juga tidak terbatas, alias bisa dinikmati oleh anak hingga dewasa, baik laki−laki maupun juga perempuan.

Mantapnya, Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk menjajal wisata Wonosobo yang satu ini. Tetapi ada catatannya, Anda harus mematuhi setiap instruksi dari para pemandu yang berpengalaman sebelum menyusuri Sungai Serayu.

Ada berbagai kode, harga, dan jarak tempuh yang ditawarkan. Di antaranya Kode Randegan 14 km dengan waktu tempuh 2−3 jam seharga Rp220 ribu; Kode The Pikas dengan jarak tempuh 14 km dengan waktu tempuh 2,5−3 jam seharga Rp220 ribu; Kode Randegan 16 km dengan waktu tempuh 2,5−3 jam seharga Rp230 ribu; Kode Randegan 16 km + The Pikas dengan jarak tempuh 28 km, waktu tempuh 5−6 jam, seharga Rp360 ribu.

8. Lubang Sewu

 

Lubang Sewu (My Trip 123)

Masih belum puas juga? Ada lagi Wisata Alam Lubang Sewu. Lokasi wisata Wonosobo yang satu ini terletak di Jurutengah, Erorejo, Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jateng. Wisata ke lokasi ini, Anda tidak perlu menyediakan waktu khusus karena buka setiap hari selama 24 jam.

Wisata Wonosobo yang satu ini masih terbilang baru, dibandingkan dengan wisata Wonosobo yang lainnya. Meski demikian, keindahan pemandangan yang ditawarkan sungguh luar biasa, tiada duanya mulai dari keindahan waduk, bebatuan, gazebo, bukit hijau, dan lokasi pemancingan.

Anda bisa datang ke wisata Wonosobo yang satu ini untuk menikmati keindahan dari batu karang dan pemandangan waduk Wadaslintang. Bila melihat pesona lokasi wisata Wonosobo satu ini, jangan lupa mengabadikannya, pasalnya terkenalnya lokasi ini juga berangkat dari warganet yang membagikan foto di media sosial.

Tiket masuk wisata Wonosobo yang satu ini murah banget! Anda hanya akan dikenakan biaya Rp5.000 saja untuk tiket masuk. Ada pula retribusi parkir kendaraan yang dipatok sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

9. Pemandian Kalianget

Pemandian Kalianget (Wonosobo Ekspres)

Cari yang panas−panas di tengah dinginnya berbagai wisata Wonosobo? Yuk, kunjungi objek wisata yang satu ini, namanya Pemandian Air Panas Kalianget Wonosobo. Lokasinya ada di Jalan Dieng Nomor 114, Anget, Kalianget, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jateng, yang buka sedari pukul 7.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Wisata Wonosobo yang terletak di Kawasan Dieng ini merupakan wilayah vulkanik aktif, maka tidak heran di beberapa wilayah Wonosobo terdapat beberapa sumber air panas. Sumber air panas tersebut lantas dimanfaatkan menjadi objek pariwisata, seperti Pemandian Kalianget Wonosobo yang satu ini.

Untuk menikmati sensasi berendam di wisata Wonosobo yang satu ini, Anda cukup membayar tiket masuk area taman rekreasi sebesar Rp2.000 per orangnya. Sedangkan untuk tiket berenang di kolam adalah Rp3.000 bagi anak dan Rp5.000 bagi orang dewasa.

Selain pemandian air panas, di wisata Wonosobo ini juga Anda bisa menikmati kolam renang dengan air dingin, ada pula taman bermain, lapangan tenis, hingga stadion sepakbola. Bila lupa membawa pakaian khusus renang, tenang saja, wisata Wonosobo yang satu ini juga menyediakan penyewaan baju renang hingga pelampung.

10. Telaga Warna

 

Telaga Warna (Travels Promo)

Belum habis, masih ada lagi nih wisata Wonosobo yang Anda harus coba kunjungi, namanya adalah Telaga Warna. Lokasi wisata ini ada di Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jateng, yang buka setiap hari sejak pukul 7.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Wisata Wonosobo yang satu ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan dan favorit di Wonosobo. Di wisata Wonosobo yang satu ini, Anda bisa melihat fenomena keunikan alam yaitu warna air telaga yang bisa berubah−ubah.

Terkadang telaga ini berwarna hijau, terkadang telaga juga bisa berwarna kuning, atau bahkan terkadang telaga bisa berwarna−warni seperti pelangi. Bukan sulap bukan sihir, ternyata perubahan warna tersebut terjadi karena air telaga yang mengandung sulfur tinggi dan ketika disinari matahari maka warna air di telaga tampak berwarna−warni.

Untuk harga tiket yang ditawarkan wisata Wonosobo yang satu ini juga tidak mahal dan masih bersahabat dengan kantong Anda. Tiket masuk dibandrol dengan harga Rp7.000 per orang dan Rp5.000 untuk membayar parkir kendaraan mobil, serta Rp2.000 untuk membayar parkir kendaraan motor. Murah bukan?.

11. Tuk Bimo Lukar

Tuk Bimo Lukar (Kebudayaan.Kemendikbud) 

Coba juga jelajahi wisata Wonosobo yang satu ini, namanya Tuk Bimo Lukar. Unik ya namanya? Wisata Wonosobo yang satu ini berlokasi di Kalilembu, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jateng yang buka selama 24 jam.

Wisata Wonosobo yang satu ini diketahui merupakan situs peninggalan arkeologi di Pereng Wukir Susundara−Sumving. Tuk Bimo Lukar ini merupakan sebah petirtaan pada masa Mataram Kuno dan mata air dari Sungai Serayu, serta digunakan untuk tempat menyucikan diri.

Memasuki wisata Wonosobo yang satu ini, pengunjung tidak dikenakan biaya retribusi tiket masuk. Tetapi Anda cukup membayar biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk kendaraan motor dan Rp5.000 untuk membayar biaya parkir kendaraan mobil.

12. Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tambi (pegipegi)

Bagi Anda yang sekadar ingin bersantai dan mencuci mata sejenak, Anda bisa berkunjung ke kebun teh. Jadi tidak hanya di Puncak Jawa Barat (Jabar) saja, Anda juga bisa berkunjung ke kebun teh sebagai wisata Wonosobo yang bernama Kebun Teh Tambi yang sejuk dan hijau.

Tidak harus membayar mahal memasuki kawasan ini, Anda cukup membayar tiket parkir saja. Biasanya tarif parkir yang dikenalan adalah Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untk mobil.

Wisata Wonosobo ini berada di lereng Gunung Dieng, tepatnya berada di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jateng. Apabila dari pusat kota menuju ke arah Dieng, jaraknya adalah 20 km dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit saja.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro