Netral English Netral Mandarin
banner paskah
16:00wib
Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menolak gugatan pedangdut Rhoma Irama sebesar Rp1 miliar melawan PT Sandi Record. Komisi IX DPR akan memanggil Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI yang masih mengizinkan Vaksin AstraZeneca untuk digunakan di Indonesia.
Inilah 10 Makanan yang Bisa Bantu Cepat Tidur

Selasa, 16-Maret-2021 19:15

Madu adalah salah satu makanan yang bisa membantu untuk tidur lebih nyenyak.
Foto : davidwolfe.com
Madu adalah salah satu makanan yang bisa membantu untuk tidur lebih nyenyak.
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sejauh ini, gangguan tidur yang paling umum adalah insomnia. Bagi banyak orang, insomnia biasanya merupakan fase karena berbagai faktor seperti stres. Setelah stres hilang, insomnia akan hilang. 

Jenis insomnia ini biasanya dapat diatasi dengan mencoba berbagai metode alami. Mengubah pola makan Anda adalah cara mudah dan alami untuk membantu menyembuhkan insomnia. 

Mengonsumsi makanan tertentu yang memicu tidur setiap malam, ada kemungkinan Anda akan mengalami tidur yang lebih nyenyak. Nah, ini tidak berarti memakan makanan tersebut akan menjamin Anda lebih banyak tidur. 

Sebenarnya, makan terlalu banyak jenis makanan apa pun akan merusak kesempatan Anda untuk mendapatkan istirahat malam yang nyenyak. Namun, dengan moderasi dan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan ini dapat membantu Anda mendapatkan jam tidur yang Anda idamkan. 

Lantas, makanan apa saja yang bisa membantu Anda tidur? Inilah 10 daftar makanan yang bisa membantu Anda cepat tidur, seperti dilansir dari laman American Sleep Association: 

1. Unggas

Ayam atau kalkun diketahui mengandung triptofan. Triptofan adalah asam amino yang hanya bisa Anda peroleh dari apa yang Anda makan dan minum. Ini membantu tubuh Anda membuat serotonin (hormon suasana hati yang menenangkan) yang kemudian membantu tubuh Anda membuat melatonin (hormon yang mengontrol siklus tidur). 

2. Ikan

Vitamin B6 melimpah pada ikan, dengan salmon, tuna, dan halibut paling banyak mengandungya. B6 inilah yang membuat melatonin, yang biasanya dipicu oleh berada di kegelapan. 

Dengan makan ikan untuk makan malam, Anda bisa memberikan melatonin itu lebih awal sebelum mematikan lampu. 

3. Yogurt

Kalsium memproses hormon yang membantu Anda tidur, triptofan, dan melatonin. Kalsium, tentu saja, dapat ditemukan dalam semua produk susu jika Anda tidak menyukai yogurt. Hal lain yang bisa Anda coba adalah susu atau keju.

4. Kale

Seperti yogurt, daun hijau ini juga kaya kalsium yang penting untuk membuat hormon tidur bekerja.

5. Pisang

Pisang diketahui tinggi kalium yang membantu membuat Anda tertidur sepanjang malam. Dia juga memiliki triptofan dan magnesium yang merupakan obat penenang alami. 

6. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian ini mendorong produksi insulin yang menghasilkan aktivitas triptofan di otak. Mereka juga memiliki magnesium yang dikatakan membantu Anda tetap tertidur. Ketika kadar magnesium terlalu rendah, Anda cenderung terbangun di malam hari. 

7. Madu

Glukosa dalam madu menurunkan kadar orexin, neurotransmitter di otak yang membuat Anda lebih waspada. Madu akan membalikkan kewaspadaan itu, sehingga bisa membantu Anda cepat tidur.

8. Kacang

Ini termasuk kenari, biji rami, biji labu, dan biji bunga matahari. Ini semua meningkatkan kadar serotonin dengan memiliki magnesium dan triptofan. 

9. Telur

Telur memang populer di pagi hari, tapi juga bisa membuat Anda mengantuk karena memiliki triptofan. Cobalah sarapan untuk makan malam dan lihat apa yang terjadi.

10. Nasi Putih

Nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi. Ini berarti bahwa itu akan memberi Anda peningkatan alami dalam kadar gula darah dan insulin, yang pada gilirannya, membantu triptofan bekerja di otak Anda lebih cepat. 

Meskipun 10 makanan pemicu tidur teratas ini memiliki nutrisi untuk membantu Anda tidur, mereka bukan satu-satunya yang dapat Anda coba. Panduan umum yang harus diikuti adalah memilih makanan yang memiliki campuran kalsium, kalium, magnesium, triptofan, dan B6. 

Cobalah makanan pemicu tidur ini di malam hari dan Anda mungkin akan terkejut dengan seberapa cepat Anda tertidur dan tetap tertidur.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP